Waspadai 10 Tanda Awal Kanker Prostat

Sebelum mengenal tentang kanker prostat, anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang prostat itu sendiri. prostat merupakan kelenjar kecil yang letaknya berada di panggul seorang pria dan prostat ini merupakan bagian juga dari sistem reproduksi. Prostat ini hanya dimiliki oleh seorang pria dan tidak dimiliki oleh seorang wanita.

Sedangkan kanker prostat itu sendiri merupakan pembengkakan kelenjar prostat yang mengakibatkan penyempitan pada area prostat. Jika tidak segera ditangani maka lama – kelamaan kerusakan yang berada di prostat akan semakin menyebar ke organ – organ yang lainnya yang berada di sekitar prostat tersebut.

Untuk itu, sangat penting sekali anda harus mengetahui dan waspadai tanda awal kanker prostat itu sendiri sehingga jika terjadi hal – hal yang masuk ke dalam tanda awal kanker prostat dapat langsung segera ditangani sehingga tidak akan menyebar luar.

waspada gejala prostat

sumber : medicalnewstoday

Berikut ini 10 tanda awal terjadinya kanker prostat yang harus selalu anda waspadai yaitu sebagai berikut ini :

  1. Nyeri ketika berkemih atau kencing

Berkemih atau kencing adalah suatu hal yang harus dilakukan setiap harinya untuk membuang cairan yang sudah tidak diperlukan di dalam tubuh manusia. Normal orang berkemih adalah 3 – 5 kali dalam sehari.

Pada umumnya orang berkemih atau kencing itu tidak merasakan sakit. Akan tetapi, jika anda merasakan sakit saat berkemih anda harus hati – hati bisa saja itu merupakan tanda dari adanya kanker prostat.

Jika anda merasakan sakit saat berkemih sebaiknya segera di periksakan ke dokter untuk mengetahui penyakit yang sedang anda rasakan sehingga akan tertangani secara dini dan itu menyebabkan penyakit anda juga dapat sembuh dengan tepat dan cepat.

  1. Keluar darah saat kencing atau berkemih

Jika berkemih terasa nyeri apalagi hingga mengeluarkan darah maka anda harus segera memperiksakannya agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah dan juga bisa tertangani dengan cepat dan dapat segera melakukan pengobatan.

Darah yang keluar pun terkadang tidak berwarna merah segar dan banyak. Seringkali yang keluar itu adalah darah yang sedikit yang berwarna merah muda dan terkadang justru berwarna samar – samar.

  1. Sulit berkemih

Seperti yang sudah di ketahui bahwa normal orang berkemih dalam setiap harinya adalah 3 hingga 5 kali. Namun, bagi orang – orang yang mengalami penyakit prostat ini seringkali merasa kesulitan untuk berkemih atau kencing.

Saat kelenjar prostat mengalami pembengkakan maka anda akan merasa kesulitan untuk berkemih. Yang dirasakan adalah Berkemih serasa tidak puas, saat berkemih tiba – tiba berhenti walau ingin masih berkemih, kemudian saat ingin berkemih namun yang keluar hanya sedikit bahkan hanya menetes saja.

Baca Juga : 7 Penyebab Nyeri Saat Buang Air Kecil

Saat hal – hal tersebut terjadi pada anda segera lakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab dari yang anda rasakan tersebut.

  1. Sering kencing atau berkemih pada malah hari

Salah satu tanda orang yang mengalami penyakit prostat akan merasakan sering terbangun saat malam dan terasa ingin buang air kecil atau berkemih. Hal ini dirasakan berulang kali pada waktu malam tiba. Jika hal ini terjadi anda perlu berhati – hati karena bisa jadi itu adalah tanda awal dari penyakit prostat.

  1. Sulit untuk ereksi atau sulit menahan ereksi

Akibat dari membesarnya kelenjar prostat ini dapat juga menghalangi  jalannya aliran darah yang mengakibatkan seharusnya dapat menjadi ereksi namun karena terhalang menjadi kesulitan untuk ereksi. Sedangkan hal yang lain yang dapat timbul karena pembengkakan kelenjar prostat ini adalah tidak dapatnya ejakulasi setelah ereksi.

  1. Terdapatnya darah pada sperma

Seperti halnya dengan saat berkemih, pembengkakan kelenjar prostat juga dapat menyebabkan keluarnya darah saat akan mengeluarkan sperma. Hal ini karena sperma di paksa untuk keluar sedangkan alirannya mengalami sumbatan dari kelenjar prostat itu sendiri. Darah yang keluar pun tidak banyak dan justru seringkali terlihat samar – samar atau juga dapat berwarna merah muda.

  1. Mengalami kesulitan saat BAB atau buang air besar

BAB merupakan hal yang harus dilakukan dengan minimal 1 kali dalam sehari. Akan tetapi bagi orang yang menderita penyakit prostat dapat mengalami kesulitan dalam BAB. Hal ini terjadi karena kelenjar prostat itu sendiri letaknya berada di bawah kandung kemih dan di depan rektum.

Kemudian, kesulitan dalam BAB juga dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar prostat semakin membesar.

  1. Urin menetes dan aliran urin tidak kuat

Urin menetes disini ini yaitu urin yang terus keluar dengan menetes dan tidak dapat ditahan sehingga seperti mengompol. Dan gejala lainnya yaitu urin yang dikeluarkan tersebut tidak mengalami aliran yang kuat seperti layaknya buang air kecil pada umumnya.

  1. Usia yang rentan terkena penyakit prostat

Penyakit prostat ini sebenarnya dapat menyerang di kalangan berbagai usia. Akan tetapi, yang paling sering terkena kanker prostat dan juga mengalami risiko tinggi terkena penyakit prostat adalah orang yang berusia diatas 50 tahun.

  1. Sering merasa nyeri.

Jika penyakit prostat ini sudah terjadi sangat lama maka dapat menyebabkan rasa sakit yang berada di bagian punggung bawah, kemudian pada bagian pinggul serta panggul, bagian paha dalam yang berada di bagian atas.

Nyeri ini akan terasa terus menerus dan rasa nyeri susah untuk dijelaskan. Jika anda mengalami rasa sakit pada bagian – bagian terus maka harus segera anda periksakan ke dokter untuk mengetahui lebih jelasnya gejala yang sedang dirasakantersebut dan dapat ditangani dengan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: