7 Tanda Ginjal Anda Bermasalah, Nomor Terakhir Sering Disepelekan

Ginjal merupakan salah satu organ yang sangat penting yang ada di tubuh manusia. Ginjal ini berfungsi sebagai filtrasi bagi tubuh yaitu sebagai penyaring dari berbagai macam zat, nutrisi dan juga kandungan – kandungan yang masuk ke dalam tubuh.

Fungsi ginjal yang penting ini harus anda jaga dengan baik dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta menghindari minuman yang ber soda dan masih banyak yang lainnya. Namun, pada kenyataannya sekarang ini banyak orang – orang yang lebih memilih fast food dan juga makanan kemasan – kemasan yang siap saji.

Hal – hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Tanda – tanda ginjal anda bermasalah dapat anda ketahui dengan cara berikut ini dan harus anda ketahui dan waspadai yaitu sebagai berikut ini :

  1. Berubahnya warna urine atau kencing

Warna urin dapat juga mendeteksi adanya kerusakan pada ginjal anda. hal ini karena urin tersebut merupakan hasil filtrasi dari ginjal dan jika filtrasi tidak dapat berjalan dengan lancar maka warna urin pun dapat berubah.

Perubahan dari warna urin tersebut yaitu seperti urin berwarna kecoklatan atau bahkan warna urin dapat berwarna merah yang menandakan sudah rusak ginjal tersebut yang berada di dalam tubuh anda.

  1. Kemerahan pada kulit

Merah pada kulit biasanya disebabkan karena gatal – gatal karena alergi yang menyebabkan kulit menjadi merah – merah pada bagian tertentu. Namun, tidak hanya karena alergi yang menyebabkan kulit menjadi merah yaitu juga bisa disebabkan karena ginjal yang mengalami masalah dalam proses kerja ginjal tersebut.

Penyebab lain yaitu karena terdapatnya banyak racun yang berada di dalam tubuh sehingga tubuh itu sendiri berusaha mengeluarkan racun yang seharusnya disaring oleh ginjal menjadi mencoba mengeluarkan racun tersebut lewat pori – pori yang menyebabkan rasa gatal timbul dan juga terdapat merah – merah pada bagian kulit tertentu dan juga terasa kering.

  1. Rasa besi terdapat pada mulut

Rasa besi yang terasa pada mulut ini terjadi karena banyaknya racun yang berada di dalam tubuh dan tidak dapat dikeluarkan dengan cara yang baik dan benar karena rusaknya ginjal sehingga racun pun terasa hingga ke mulut yang hal ini menyebabkan adanya rasa besi pada mulut.

  1. Kurangnya konsentrasi dan sering pusing

Kurangnya konsentrasi ini terjadi karena banyaknya racun yang berada di dalam tubuh yang menyebabkan oksigen sulit di suplai ke seluruh tubuh dan juga ke otak. Dengan adanya hal tersebut juga dapat menyebabkan pusing yang terus terjadi.

  1. Lemas

Lemas juga dapat disebabkan karena kurangnya EPO atau erythropoietin. Kurangnya EPO ini adalah kurangnya sel darah yang menyuplai oksigen ke otak sehingga akan terasa lemas.

  1. Bengkak berlebihan

Gangguan yang terjadi pada ginjal ini dapat menyebabkan pembengkakan pada ekstremitas yaitu pada tangan dan juga kaki. Hal ini terjadi karena cairan yang harusnya tersaring oleh ginjal namun tidak dapat tersaring dan tidak dapat dikeluarkan melalui urine maka cairan tersebut akan menumpuk pada tangan ataupun kaki sehingga akan terlihat bengkak.

Jika terjadi hal tersebut anda harus segera memeriksakannya ke rumah sakit agar diberikan penanganan yang tepat pada gejala tersebut.

  1. Nyeri pada punggung belakang

Nyeri pada punggung ini sebagai tanda bahwa adanya infeksi yang terjadi pada daerah ginjal dan juga sekitarnya yang harus anda waspadai dan juga di tangani dengan secepatnya agar ginjal dapat sembuh dan dapat bekerja sesuai dengan tugasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: