7 Penyebab Nyeri Saat Buang Air Kecil

Apabila Anda mengalami rasa nyeri saat buang air kecil tentunya hal tersebut menunjukkan adanya pertanda dalam saluran kencing. Oleh karena itu, ketahuilah 7 penyebab nyeri saat buang air kecil agar tidak mengalaminya ataupun bisa mencegahnya agar tidak semakin parah. Menurut medis gangguan kenyamanan saat buang air kecil ini disebut dengan istilah disuria.

Biasanya disuria ini tidak hanya dialami oleh orang yang berusia lanjut, tetapi bagi anak-anak juga seringkali mengalami permasalahan disuria. Oleh karena itu, Anda harus mengenali terlebih dahulu seperti apa itu disuria? Jadi disuria ini biasanya diawali dengan adanya permasalahan buang air kecil dengan rasa sakit diawalnya saja kemudian bisa juga ditandai dengan rasa gatal-gatal.

Jika Anda sudah merasakan berbagai gejala tersebut maka sebaiknya langsung memeriksakannya ke dokter agar tidak menjadi penyakit yang berbahaya. Tentunya permasalahan buang air kecil akan sangatlah mengganggu, biasanya permasalahan tersebut muncul apabila Anda sering menahan buang air kecil dalam waktu yang cukup lama.

penyebab-nyeri-saat-kencing

source : buoyhealth.com

7 Penyebab Nyeri saat Buang Air Kecil

Ketahuilah beberapa penyebab nyeri saat buang air kecil agar dapat menghindarinya ataupun mencegahnya menjadi penyakit yang berbahaya. Nah, ini dia penjelasan mengenai penyebab nyeri saat Anda buang air kecil.

  1. Batu Kandung Kemih

Apa itu batu kandung kemih? Ketahuilah bahwa batu kandung kemih merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya karena di saluran buang air kecil terdapat batu, lebih tepatnya batu ini terletak di bagian ginjal, ureter, uretra, maupun di kandung kemihnya. Banyak orang yang menyebutnya batu ginjal.

Rasa nyeri tersebut tentunya diakibatkan karena batu tersebut menghambat jalannya urine untuk mengalir. Biasanya penanganan untuk permasalahan tersebut maka Anda harus banyak minum air putih agar dapat mengalirkan kembali batu di dalam kandung kemih yang masih kecil. Apabila sudah besar maka Anda harus melakukan penanganan medis.

  1. Infeksi Saluran Kemih

ISK atau infeksi saluran kemih merupakan salah satu penyakit infeksi yang menyerang bagian ginjal, saluran kemih, ureter, dan uretra. Biasanya penyakit ini disebabkan karena adanya virus ataupun bakteri yang menyerang daerah sekitar saluran kemih. Hal tersebut biasanya dikarenakan kurang menjaga kebersihan setelah buang air kecil.

Infeksi saluran kemih bisa menyerang semua usia dari anak-anak hingga usia dewasa. Nah, biasanya anak-anak yang mengalami ISK ini disebabkan karena terlalu sering mengkonsumsi minuman yang bersoda ataupun mengandung bahan pengawet yang terlalu tinggi kadarnya.

  1. Prostatitis

Apa itu prostatis? Penyakit yang satu ini dikenal sebagai salah satu penyakit berbahaya yang menyerang daerah prostat disertai dengan adanya tanda pembengkakan ataupun pendaharan. Penyebab penyakit prostatitis yaitu adanya bakteri e-coli dalam tubuh.

Nah, biasanya penyakit yang satu ini memberikan rasa sakit nyeri, menggangu sistem imun, dan sistem saraf sehingga sangat membutuhkan penanganan khusus dari dokter.

  1. Anyang-Anyangan

Berikutnya salah satu dari 7 penyebab nyeri saat buang air kecil yaitu anyang-anyangan. Sudahkah Anda mengetahui apa itu anyang-anyangan? Jadi istilah tersebut seringkali diartikan sebagai buang air dengan frekuensi yang lebih sering atau juga dikenal dengan istilah disuria.

Nah, penyebab dari disuria yaitu adanya bakteri di dalam saluran kemih yang dapat menghambat proses buang air kecil.

  1. Vaginitis

Vaginitis merupakan salah satu penyakit yang terjadi di sekitar vagina, nah hal tersebut ditandai dengan adanya rasa nyeri dan gatal-gatal di sekitar area vagina. Ternyata apabila Anda mengalami nyeri buang air kecil juga bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengalami peradangan vagina.

  1. Herpes Genital

Herpes genital merupakan salah satu penyakit berbahaya yang dapat membahayakan kondisi organ tubuh. Sebagai salah satu penyakit kelamin yang terinfeksi oleh virus tentunya memang dapat mematikan pengidapnya. Nah, Anda bisa mengetahui penyebab awalnya yaitu dengan adanya rasa nyeri saat buang air kecil.

  1. Infeksi Klamidia

Infeksi Klamidia yaitu merupakan salah satu penyakit dari 7 penyebab nyeri saat buang air kecil yang merupakan penyakit berbahaya yang menyerang panggul ataupun biasa dikenal dengan istilah radang panggul. Ketahuilah bahwa jenis penyakit yang satu ini ternyata menular bisa secara oral maupun seksual.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this:

×






Pesan Sekarang