9 Penyebab Keringat Dingin Yang Tidak Boleh Di Anggap Remeh

Berkeringat adalah hal yang normal yang sering dialami oleh setiap orang dan dengan berkeringat ini akan mengeluarkan racun – racun yang berada di dalam tubuh dengan mengeluarkannya melalui keringat sehingga akan sehat bagi tubuh.

Keringat ini akan keluar dari dalam tubuh jika seseorang tersebut melakukan aktivitas yang berlebih yang menyebabkan semua bagian tubuh bekerja sehingga akan mengeluarkan keringat. Akan tetapi berbeda halnya jika tubuh mengeluarkan keringat dingin.

Keringat dingin ini dapat terjadi pada seseorang dan penyebab keringat dingin tidak boleh dianggap remeh karena dapat juga dijadikan tanda sebagai ada bagian tubuh anda yang mengalami masalah.

tanda tanda keringat dingin

sumber : medicalnewstoday.com

Berikut ini ada 9 penyebab terjadinya keringat dingin yang perlu anda ketahui dan tidak boleh di anggap remeh yaitu sebagai berikut ini :

  1. Keringat dingin pada saat terasa nyeri

Rasa nyeri yang di akibatkan dari adanya cedera ataupun dapat juga karena migrain dapat mengakibatkan keringat dingin muncul.

  1. Keringat dingin karena infeksi

Saat tubuh mengalami infeksi yang berat seperti halnya penyakit pneumonia, kemudian sepsis, lalu malaria dan juga tuberkulosis ini dapat juga mengakibatkan seseorang tersebut mengalami keringat dingin.

  1. Keringat dingin karena gula darah rendah

Keringat dingin karena kadar gula dalam darah rendah  adalah yang paling sering tidak disadari oleh seseorang dan tidak mengetahui kenapa keringat dingin muncul dan badan terasa sangat lemas.

  1. Keringat dingin karena reaksi alergi

Pada orang – orang yang mengalami reaksi alergi yang berat juga mengalami keringat dingin bahkan mengeluarkan keringat yang sangat banyak.

  1. Keringat dingin karena stres atau merasa cemas

Saat orang tersebut mengalami stres ataupun cemas yang sangat berat seringkali dapat menyebabkan keringat dingin pada seseorang tersebut. hal itu terjadi karena hormon yang berada di dalam tubuh meningkat sehingga mengakibatkan keringat keluar dari pori – pori tubuh untuk menyeimbangkan kondisi tubuh orang tersebut.

  1. Keringat dingin karena syok

Saat seseorang mengalami syok yang diakibatkan oleh suatu cedera yang cukup parah atau juga dapat disebabkan oleh penyakit akut dapat mengakibatkan terjadinya keringat dingin. Keringat dingin ini muncul karena respon dari syok di rasakan di dalam tubuh orang tersebut.

  1. Keringat dingin karena gejala awal kanker

Orang – organ yang sering mengalami keringat dingin tanpa hal – hal yang jelas penyebabnya dapat juga dicurigai bahwa keringat dingin tersebut merupakan tanda dari gejala suatu kanker yang berada di dalam tubuh seseorang tersebut.

Salah satu tanda keluarnya keringat dingin pada penyakit kanker adalah penyakit limfoma yaitu yang mengakibatkan seseorang tersebut mengalami keringat dingin pada saat malam hari dan juga seringkali mengalami penurunan berat badan tanpa adanya sebab yang jelas.

  1. Keringat dingin karena efek samping obat

Saat seseorang tersebut mengalami sakit dan saat setelah meminum obat maka orang tersebut akan berkeringat. Hal yang terjadi tersebut adalah keringat dingin yang merupakan respon tubuh akibat dari pemakaian obat – obatan dan respon dari dalam tubuh.

Namun, keringat dingin juga dapat ditimbulkan karena minuman beralkohol yang sering di konsumsi. Pada orang – orang yang sering minun – minuman beralkohol akan mengeluarkan keringat dingin.

  1. Keringat dingin karena produksi keringat berlebih

Pada orang – orang yang sering mengalami keringat dingin ini juga dapat disebabkan karena produksi keringat dari seseorang tersebut berlebih sehingga tubuh selalu berusaha untuk mengeluarkan keringat tersebut atau juga orang yang hiperhidrosis.

Cara Mengatasi Keringat Dingin

Keringat dingin yang sering kali muncul pada seseorang terkadang merasa terganggu dengan keadaan tersebut. Oleh karena itu bagi orang – orang yang sering mengalami keringat dingin. Anda juga dapat mengatasinya dengan cara – cara yang mudah dilakukan dalam setiap harinya yaitu sebagai berikut ini :

  1. Memperbaiki pola makan

Pola makan yang benar dan teratur merupakan kunci dari hidup sehat. Kemudian tidak hanya itu, makanan yang bergizi dan mengandung karbohidrat, protein, vitamin dan lain sebagainya yang bagus untuk tubuh harus selalu terpenuhi setiap harinya.

Kemudian, kebutuhan cairan dalam tubuh jugaharus selalu terpenuhi setiap harinya agar organ – organ dalam tubuh dapat bekerja dengan tugasnya masing dan semestinya.

  1. Membuat diri anda lebih aktif

Dengan melakukan olahraga teratur seperti olahraga yoga, jogging atau anda dapat juga melakukan latihan olah napas setiap harinya dapat membantu tubuh anda menjadi sehat dan terhindar dari munculnya keringat dingin yang terkadang dapat mengganggu aktivitas.

Anda juga dapat melakukan kegiatan yang membuat anda rileks dan yang dapat mengalihkan perhatian dan pikiran anda menjadi lebih sehat dengan pola pikir yang sehat pula. Hal – hal tersebut dapat anda atasi dengan melakukan permainan puzzle, membaca atau melakukan kegiatan yang lainnya yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: