Penyebab Dan Cara Mengatasi Mendengkur Atau Ngorok

Oleh : Dokter yudhis

Halo semuanya, kali ini saya akan membahas bagaimana cara untuk mengurangi dengkuran atau ngorok.

Mendengkur adalah gejala umum yang sering dialami oleh beberapa orang. Nah mendengkur atau ngorok itu sendiri dihasilkan dari getaran akibat aliran udara yang masuk sebagian tersumbat di saluran pernafasan.

Gaya-Hidup-Pengaruhi-Kebiasaan-Mendengkur

sumber : waspada.co.id

Nah kamu tau nggak si, faktor atau resiko apa yang menyebabkan orang itu mendengkur atau ngorok. Banyak hal di antara lain :

  1. Broken nose

Yang pertama adalah dari hidung, jika hidungnya broken nose atau tulang hidungnya miring bisa menyebabkan suara mendengkur.

  1. Tonsil (amandel) membesar
  2. Obesitar (kelebihan berat badan)
  3. Posisi tidur terlenteng dan,
  4. Dapat juga disebabkan karena kurang tidur, karena jika kurang tidur dapat menurunkan relaksasi dari otot – otot pernafasan.

Nah berikut ini kami mempunyai tips dan trik bagaimana supaya kamu bisa mengurangi mendengkur dirumah :

  1. Yang pertama dapat menggunakan aromaterapi ataupun essential oil.

Ada berbagai cara dalam menggunakannya. Misal kamu ambil kapas, teteskan essential oilnya lalu hirup dan dekatkan dengan hidung. Atau juga bisa kamu teteskan di air hangat kemudian kami hirup uapnya. Bisa juga di teteskan di hidung langsung, fungsinya untuk melegakan tenggorakan dan saluran pernafasan kamu.

  1. Cara kedua yang dapat kamu lakukan adalah konsumsi Chamomile Tea

Chamomile Tea ini memiliki efek anti peradangan dan juga dapat melegakan tenggorokan kamu. Cara nya mudah, cukup seduh di air hangat lalu diminum.

  1. Olahraga tenggorokan

Sudah pernah tentang olahraga tenggorokan ?  ternyata metode ini sudah ada sejak lama untuk mengurangi dengkuran. Begini caranya

  1. Dengan cara melatih vocal kamu dengan melafalkan a-i-u-e-o selamat 3 menit. Tiap alfabet di eja agak Panjang ya. Gerakan ini dapat berfungsi untuk melatih otot tenggorokan. Maka kamu akan merasakan getaran yang berguna untuk melatih otot tenggorokan
  2. Facial exercise

Facial exercise atau exercise wajah berfungsi untuk menguatkan otot – otot wajah kamu. Caranya dengan cara masukkan telunjuk kanan untuk menarik pipi kiri, tunggu 5 detik lalu masukkan telunjuk kiri untuk menarik pipi kanan dan tunggu 5 detik.

  1. Tongue exercise

Tongue exercise atau exercise lidah yang bisa kamu lakukan selama 5 – 10 detik. Caranya yaitu dengan menjulurkan lidah kamu sampai hampir menyentuh dagu dan juga menjulurkan lidah kamu hingga menyentuh ujung hidung. Lakukan masing – masing 5 detik.

  1. Dapat juga dengan latihan Tarik nafas dan kembungkan pipi kamu kemudian keluarkan udaranya secara perlahan – lahan dengan membuka sedikit saja di bagian mulut. Tahan 10 detik, lalu hembuskan perlahan. Nah ini harus kamu lakukan setiap hari.
  2. Tips selanjutnya adalah side sleeping (tidur menyamping)

Karena posisi tidur yang terlentang itu merupakan faktor resiko dari mengorok. Dan jangan lupa, jika obesitas atau kelebihan berat badan, kamu harus mengurangi berat badan tersebut. Karena banyak pasien yang saya temui, ketika mereka berhasil menurunkan berat badan, mendengkur atau ngorok berkurang secara signifikan.

Ngorok sebenarnya bukan suatu pertanda yang serius, namun ada yang dinamakan Obstructive Sleep Apnea. Apa itu Obstructive Sleep Apnea ? jadi keadaan dimana kamu mengorok disertai henti nafas sesaat. Jika kamu mengalami hal sepert ini, konsultasikan ke dokter di klik ataupun rumah sakit terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: