Ketahui 7 Penyebab Alis Mata Rontok Ini Sebelum Memakai Obat Penumbuh Alis!

Sama halnya seperti rambut di kepala, alis juga bisa mengalami kerontokan. Itulah kenapa banyak orang yang membutuhkan obat penumbuh alis. Selain mengatasi kerontokan, obat seperti ini juga dipercaya bisa membuat alis lebih tebal dan bagus.

Namun sebelum Anda menggunakan obat-obat tertentu, ketahui dulu tentang hal-hal yang bisa menyebabkan kerontokan alis. Berikut adalah 7 penyebab alis rontok yang harus Anda waspadai.

  1. Penyakit Kulit

Salah satu faktor yang bisa menimbulkan kerontokan pada alis adalah adanya penyakit seperti psoriasis, dermatitis seboroik, atau eksim. Penyakit ini biasanya menyerang kulit dan menyebabkan gatal-gatal.

Apabila penyakit tersebut terdapat di bagian wajah atau di dekat mata, maka secara tidak langsung akan membuat alis lebih mudah rontok. Terlebih bila terjadi infeksi yang merusak batang dan folikel rambut, hal ini malah semakin mempengaruhi pertumbuhan alis.

Selain penyakit yang sudah disebutkan di atas, adanya neoplasma seperti tahi lalat atau pertumbuhan tumor di sekitar alis juga bisa menjadi penyebab kerontokan.

  1. Stres

Kerontokan alis tak hanya disebabkan oleh penyakit fisik, tapi juga masalah psikis. Contohnya telogen effluvium, yaitu kondisi ketika seseorang mengalami kerontokan rambut sementara akibat stres. Hal ini juga bisa berpengaruh terhadap alis.

  1. Sering Mencabut Alis

Mencukur atau mencabut alis sudah biasa dilakukan oleh banyak orang dengan alasan kecantikan. Alis yang dicabut atau dicukur memang bisa tumbuh lagi setelah beberapa saat, tapi Anda sebaiknya jangan terlalu sering melakukan hal ini.

Sering mencabut maupun mencukur alis dikhawatirkan bisa merusak folikel rambut. Ketika bagian folikel sudah rusak, hal ini sangat mempengaruhi kondisi alis itu sendiri. Alis akan sangat mudah rontok bahkan mungkin tidak bisa tumbuh lagi.

  1. Penggunaan Kosmetik

Dalam hal make up, mata adalah bagian wajah yang paling banyak diberi kosmetik, termasuk dengan alis. Anda sendiri harus selalu berhati-hati terhadap produk-produk kosmetik, baik itu foundation, pensil alis, atau eye shadow yang memang diaplikasikan di sekitar mata.

Bila produk tersebut mengandung bahan kimia berbahaya atau tidak cocok dengan kulit, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami alergi. Hal seperti inilah yang bisa menyebabkan alis rontok, jadi sebaiknya pilih kosmetik yang benar-benar aman untuk digunakan.

  1. Malas Membersihkan Kosmetik di Wajah

Salah satu kebiasaan buruk yang bisa mengakibatkan kerontokan alis adalah malas membersihkan wajah setelah make up. Seperti yang diketahui, produk kosmetik mengandung bahan kimia yang berbahaya apabila tidak segera dibersihkan.

Kosmetik yang masih menempel di wajah, khususnya di bagian alis, bisa mempengaruhi kondisi kulit di sekitar mata. Cara membersihkannya pun tidak boleh terlalu kasar agar tidak merusak kulit maupun alis.

  1. Faktor Hormonal

Kerontokan alis juga bisa disebabkan oleh faktor hormonal, misalnya terjadi gangguan fungsi kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid sendiri bertugas mengeluarkan hormon yang berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh, pertumbuhan, tekanan darah, dll.

Kelenjar tiroid yang bermasalah bisa mempengaruhi pertumbuhan rambut dan alis. Jadi bila alis Anda mengalami kerontokan yang tidak wajar, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dengan jelas.

  1. Kurang Nutrisi

Tubuh yang kekurangan gizi pastinya akan membuat pertumbuhan terhambat, termasuk yang berakaitan dengan rambut dan alis. Rontoknya alis biasanya disebabkan karena kurangnya vitamin, zat besi, protein, maupun omega-3.

Jadi sebelum Anda memilih menggunakan obat penumbuh alis, perbaiki pola makan dan pastikan tubuh mendapat asupan gizi berimbang. Caranya, perbanyak konsumsi buah dan sayur serta minum air putih yang cukup setiap harinya.

Cara Mengatasi Alis Rontok

Di bawah ini adalah beberapa cara mengatasi dan mencegah alis rontok, baik dengan bahan alami, obat-obatan, maupun dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan kecil yang berhubungan dengan wajah.

  1. Atasi dengan Bahan Alami

Menggunakan bahan alami untuk kesehatan dan kecantikan alis memang sangat direkomendasikan. Selain risiko efek samping yang relatif kecil, bahan alami juga lebih murah dan mudah ditemukan.

Contoh bahan alami yang biasa digunakan adalah lidah buaya, minyak kemiri, atau minyak kelapa. Caranya cukup oleskan di alis secara rutin agar rambut-rambut halusnya tidak mudah rontok dan terlihat lebih bagus.

  1. Gunakan Serum Penumbuh Alis

Cara lain untuk mengatasi alis rontok adalah dengan menggunakan serum. Pilihlah serum penumbuh alis berkualitas dan sudah direkomendasikan oleh banyak orang. Jangan lupa memilih produk yang sudah mengantongi izin BPOM agar lebih aman.

  1. Pilih Kosmetik yang Cocok

Apabila ingin mencoba produk baru, lakukan uji sensitivitas kulit terlebih dahulu. Caranya, oleskan produk ke kulit yang dinilai paling tipis dan sensitif, misalnya punggung tangan atau di belakang telinga, tepatnya di bagian bawah dekat tulang rahang.

Ketika Anda alergi terhadap suatu bahan di dalam kosmetik, maka akan ada reaksi yang langsung terlihat, misalnya terasa panas, gatal, atau kemerahan. Bila tidak terjadi reaksi apa-apa, maka produk kosmetik tersebut aman untuk Anda gunakan.

  1. Bersihkan Make Up

Jangan pernah malas membersihkan wajah, terutama setelah memakai kosmetik dan beraktivitas di luar rumah. Sisa kosmetik dan debu yang menempel di wajah bisa mempengaruhi kondisi kulit bahkan bisa menyebabkan alis rontok.

Bersihkan wajah menggunakan penghapus make up yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Lakukan secara perlahan dan lembut agar tidak merusak permukaan kulit. Agar lebih sempurna, lakukan pembersihan kedua dengan cara mencuci muka.

Itulah macam-macam penyebab alis mata rontok dan bagaimana cara mengatasinya. Saat ini obat penumbuh alis sudah banyak beredar di pasaran, tapi pastikan untuk memilih yang berkualitas, sudah teruji klinis, dan pastinya telah mendapat izin dari BPOM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: