Mengatasi Ejakulasi Dini Secara Alami

Secara umum, ejakulasi memiliki makna “keluarnya air mani beserta sperma dari penis setelah mengalami stumulasi seksual yang diikuti dengan perasaan nikmat (orgasme).” Berdasarkan definisi dari International Society for Sexual Medicine, ejakulasi dini berarti “disfungsi seksual laki-laki yang ditandai dengan ejakulasi yang selalu atau hampir selalu terjadi sebelum atau dalam waktu sekitar satu menit setelah penetrasi vagina, dan ketidakmampuan untuk menunda ejakulasi pada semua atau hampir semua penetrasi vagina dengan konsekuensi pribadi yang negatif, seperti kepedihan, stres, frustrasi, dan atau menghindari keintiman seksual.”

Ejakulasi dini adalah masalah seksual yang umum terjadi pada pria. Penyebabnya bisa dari faktor fisik maupun non fisik. Ejakulasi dini, sama seperti masalah seksual lainnya, bisa disembuhkan. Untuk mempercepat penanganan, harus ada kesadaran akan gejalanya dan tidak perlu malu untuk mengobatinya. Bagi Anda yang tidak ingin meminum obat, penanganan awal untuk ejakulasi dini bisa dilakukan secara alami. Berikut beberapa cara mengatasi ejakulasi dini secara alami yang bisa dilakukan:

  1. Dengan melakukan senam kegel. Senam kegel ini awalnya dilakukan oleh wanita. Tujuannya melatih otot di daerah tempat keluarnya urin dan lubang anus. Dengan senam kegel diharapkan Anda dapat mengontrol kerja otot di bagian tersebut. Sehingga dengan rutin melakukan senam kegel diharapkan Anda dapat mengendalikan ejakulasi dan lebih kuat menahan ejakulasi dini yang mungkin terjadi. Cara senam kegel adalah melakukan gerakan seperti menahan buang air kecil, menarik otot di sekitar lubang urin dan anus. Tahan selama 10 hitungan kemudian relaksasikan selama 10 hitungan juga, lakukan berulang-ulang.
  2. Melatih otot penis. Caranya, saat Anda ereksi, balutlah penis dengan handuk basah dan bersih. Handuk ini berfungsi sebagai pemberat ringan yang dapat membantu melatih otot penis. Lakukan beberapa kontraksi pada otot panggul secara bertahap selama beberapa kali.
  3. Meminum ramuan tradisional. Terdapat beberapa resep obat tradisional yang bahannya mudah didapat di sekitar kita yang diyakini dapat mengatasi ejakulasi dini.
  4. Memperbaiki posisi saat berhubungan seksual dengan pasangan. Menemukan posisi yang tepat dapat membantu Anda menahan terjadinya ejakulasi dini.
  5. Jika Anda memiliki kebiasaan masturbasi, hentikanlah. Pria yang sering melakukan masturbasi memiliki kebiasaan mencapai ejakulasi dengan cepat sehingga sifat ini akan terbawa dalam kehidupan sehari-hari.
  6. Hindari perasaan takut, cemas, depresi, bersalah, dan lainnya saat hendak melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Perasaan-perasaan ini menjadi sebab non fisik terjadinya ejakulasi dini.
  7. Mendeteksi penyebab fisik terjadinya ejakulasi dini, misalnya masalah hormonal, diabetes melitus, gangguan syaraf dan peredaran darah, atau terdapat infeksi pada kelenjar prostat.
  8. Melakukan terapi seksual dengan pasangan. Berikut beberapa tahapan yang bisa dilakukan bersama pasangan Anda:
  9. Istri melakukan masturbasi pada suami. Suami berbaring telentang hingga suami ingin mencapai orgasme dan merasakan ejakulasi.
  10. Pada saat suami akan orgasme dan ejakulasi, istri melakukan teknik penekanan di penis dengan menggunakan ibu jari, telunjuk, dan atau jari tengah selama kurang lebih beberapa detik untuk menghambat ejakulasinya.
  11. Melakukan hubungan seksual dengan posisi women on top. Pada saat suami akan ejakulasi, segera angkat tubuh istri dan lakukan penekanan lagi pada penis. Lakukan beberapa kali untuk mencegah ejakulasi dini.
  12. Setelah beberapa hari melakukan terapi di atas, tahapan selanjutnya, suami diizinkan untuk bisa memberikan tekanan dan mempertahankan ereksi yang terjadi selama melakukan hubungan seksual, tetap dengan posisi women on top.
  13. Jika suami sudah lebih mampu mengontrol ejakulasi, langkah berikutnya adalah melakukan hubungan seksual dengan posisi menyamping. Jika pada posisi ini suami sudah mampu menahan, maka hubungan seksual bisa dilakukan dengan posisi suami di atas.

Demikianlah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi ejakulasi secara alami. Saling terbuka dengan pasangan dan tidak malu mengakui kondisi diri, menjadi kunci sukses penanganan masalah seksual pada pria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: