Ini Dia Penyebab Ketiak jadi Hitam !

Kenapa ketiak bisa jadi hitam ?

ketiak hitam

Sumber : Kaskus

Nah, penyebab ketiak bisa jadi hitam itu banyak sekali, yang pertama adalah

  1. Hiperpigmentasi Kulit : jadi pigmen melanin yang biasanya membuat tubuh menjadi lebih gelap sel melanosit nya lebih banyak dari yang lain. Dan ketika sedang pigmentasi adalah keadaan dimana pigmen pigmen melanin itu lebih banyak tertumpuk di kulit ketiak. Itu yang membuat warnanya jadi lebih hitam.
  2. Bisa juga karena bakteri Corynebacterium Minutissimun : bakteri ini bisa menyebabkan penumpukan sel kulit mati sehingga warna ketiak jadi lebih hitam
  3. Bisa juga karena mencukur. Kebiasaan mencukur bisa jadi salah tergantung alatnya. Karena ketika kita mencukur, akan meninggalkan potongan Folikel rambut yang masih tertanam. Folikel rambut yang rata itu terkesan ketiak nya jadi lebih hitam.
  4. Pengaruh negative produk kosmetik : biasanya kosmetik yang mengandung alcohol ataupun merkuri itu dapat menyebabkan ketiak terlihat lebih hitam jika digunakan secara terus menerus.
  5. Kondisi Acanthosis Nigricans dimana itu kulit tersebut menjadi menebal dan menyebabkan kulit menjadi lebih hitam

Bagaimana cara Mengatasi Ketiak Hitam ? begini caranya

  1. Jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Karena gesekan antara kulit dan pakaian akan membuat ketiak menjadi hitam.
  2. Dapat menggunakan ramuan – ramuan atau racikan alami misal air lemon yang di gosok gosok kan pada kulit ketiak seperti di scrub. Sehingga kulit ketiak menjadi lebih cerah.
  3. Dapat juga menggunakan kentang. Jadi kentang tersebut di gosok – gosokan di ketiak. Fungsinya sama seperti lemon yang membuat kulit ketiak menjadi lebih cerah.
  4. Dapat juga menggunakan baby oil. Baby oil sendiri seperti minyak yang secara tekstur dan fungsi sangat ringan. Baby oil dapat membuat kulit ketiak jadi lebih lembab dan warnanya jadi lebih cerah.
  5. Namun hasil riset pernah mencoba dengan kandungan bubuk kunyit + baby oil kemudian di gosok gosokkan ke kulit ketiak.
  6. Dapat juga baby oil dicampur dengan beras. Karena butiran beras tersebut bisa digunakan untuk scrub. Cara penggunaannya sama, di gosokkan agar kulit ketiak anda jadi lebih putih ataupun cerah.
  7. Dan yang paling utama, jangan terlalu sering mencabut atau mencukur bulu ketiak. Karena semakin sering dicabut dapat menyebabkan kulit ketiak terlihat lebih hitam.

Apakah efek samping dari Peeling dan Laser ?

Penggunaan berbagai peralatan kosmetik pasti menimbulkan efek samping meskipun tidak begitu terasa bagi pengguna.

Seperti peeling yang menggunakan bahan kimia dan jika bahan kimianya tidak cocok dengan kulit maka akan menyebabkan iritasi.

Sebenarnya dokter kulit atau kecantikan sangat paham akan hal ini jadi menurut para dokter tidak terlalu berbahaya karena semua dibawah pengawasan dan konsultasi dokter kulit. Jika misal bahannya berbahaya, biasanya dokter kulit sudah mengetahui dan harus segera dihentikan.

Sama halnya seperti laser, jika dibilang dari factor bahaya tidak begitu banyak. Ada namun minim sekali. Karena biasanya penggunaan laser sudah dipikirkan matang matang keamanannya buat pelanggan yang ingin menggunakan peeling atau laser untuk memutihkan ketiak dan menghabiskan bulu ketiaknya.

Sumber :
Dr. yudhistira herlambang
SKWAD Health

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: