Waspada 7 Gejala Stroke Yang Sering Di Abaikan

Stroke adalah penyakit yang sering di alami oleh seseorang. Angka kematian di indonesia karena terkena penyakit stroke itu sendiri tergolong sangat besar. Hal ini terjadi karena kurangnya menjaga kesehatan tubuh bagi setiap orang.

Namun, apa itu stroke ? Stroke itu sendiri merupakan penyakit yang terjadi karena kurangnya suplai darah ke otak yang disebabkan karena terjadinya sumbatan pada aliran darah atau stroke non hemoraghic maupun terjadi karena pecahnya aliran darah yang akan menyuplai ke otak atau stroke hemoraghic.

Waspada Gejala Stroke

Sumber : Medicalnewstoday.com

Gejala – gejala yang sering terjadi pada masyarakat itu sendiri terkadang muncul namun tidak disadari bahkan jika orang tersebut tahu seringkali mengabaikan gejala – gejala yang muncul tersebut.

Anda harus waspada gejala stroke yang sering di abaikan agar tidak sampai terjadi penyakit stroke yang bahkan dapat merenggut nyawa anda. Anda harus kenali terlebih dahulu gejala – gejala yang sering muncul dan harus anda perhatikan.

Berikut ini 7 gejala stroke yang sering diabaikan yaitu sebagai berikut ini :

  1. Pusing

Pusing adalah hal yang sering dialami oleh kebanyakan orang yang berada di indonesia dan pusing ini sering dianggap gejala penyakit biasa bagi orang indonesia dan juga hal yang sudah biasa terjadi.

Kebanyakan orang sering sekali mengabaikan saat gejala pusing ini datang bahkan pusing ini sering dikaitkan dengan gejala masuk angin yang merupakan sudah hal yang biasa dan tidak dianggap serius.

Pola pikir masyarakat yang seperti itulah yang berbahaya bagi generasi bangsa indonesia ini karena penyakit stroke seringkali terdiagnosa saat beberapa bagian atau anggota tubuh sudah tidak bisa di gerakkan kembali seperti semula.

Hal ini terjadi karena kurang waspadanya penduduk indonesia terhadap gejala penyakit stroke. Gejala dari penyakit stroke ini dapat berupa pusing yang sulit sekali sembuh dan sering muncul pusing walaupun sudah di obati.

Pusing ini terjadi karena aliran darah yang harusnya ke otak tidak dapat mengalir dengan baik sehingga suplai darah ke otak tidak terpenuhi dengan baik.

  1. Sesak napas

Sesak napas sering dikaitkan dengan penyakit asma. Akan tetapi, perlu anda ketahui bahwa tanda gejala sesak napas tidak hanya menimbulkan penyakit asma namun juga dapat menyebabkan penyakit stroke.

Gejala sesak napas ini juga termasuk gejala yang sering diabaikan oleh beberapa orang. Kebanyakan orang – orang saat terjadi sesak napas hanya mengaitkannya pada penyakit asma saja dan tidak pernah dikaitkan dengan penyakit stroke.

Sesak napas ini perlu dicurigai gejala stroke saat anda tidak memiliki riwayat penyakit asma baik itu riwayat penyakit anda dan juga riwayat penyakit keluarga anda sendiri.

  1. Sering muncul keringat atau mudah berkeringat

Berkeringat merupakan hal yang wajar bagi kebanyakan orang dan berkeringat ini adalah hal yang sangat bagus bagi tubuh karena dengan berkeringat ini mengeluarkan cairan – cairan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dan dapat juga membuang racun.

Dengan berkeringat hidup anda akan sehat dan berkeringat ini karena hasil dari olahraga. Akan tetapi yang perlu anda waspada adalah berkeringat yang berlebih dan saat anda tidak melakukan aktivitas pun anda tetap berkeringat. Keringat yang keluar tanpa melakukan aktivitas ini terjadi karena terjadinya kerusakan pada sistem saraf.

  1. Wajah tidak simetris saat senyum

Tersenyum adalah tanda dan gejala penyakit stroke yang dapat dikenali dengan sangat mudah dan juga merupakan gejala yang sangat akurat untuk mengetahui apakah orang tersebut terkena penyakit stroke atau tidak.

Tersenyum merupakan bentuk suatu keramah tamahan bagi orang indonesia untuk menyapa seseorang dan bahkan untuk menyapa seseorang yang belum dikenalinya. Senyum juga merupakan suatu keindahan yang dapat lihita.

Akan tetapi, senyuman yang tidak simetris ini dapat anda curigai bahwa orang tersebut terkena penyakit stroke. Senyum yang tidak simetris ini karena rusaknya beberapa sistem saraf yang membantu anda dalam tersenyum.

  1. Nyeri pada bagian tubuh

Rasa sakit nyeri ini biasanya terjadi pada daerah belakang punggung yang terasa menyebar. Kemudian, sakit juga terasa pada bagian bahu, bagian lengan, bagian leher dan dapat juga pada bagian rahang.

Rasa sakit nyeri ini juga sering terasa seperti lemah, mati rasa dan juga dapat terasa seperti kesemutan tanpa adanya rasa sakit. Saat anda merasakan gejala – gejala tersebut pada tubuh anda maka anda harus hati – hati karena bisa saja itu merupakan gejala dari penyakit stroke.

  1. Cegukan terus menerus

Cegukan merupakan hal yang wajar yang sering terjadi pada sebagian orang. Hal ini sering terjadi dan sering diabaikan bagi kebanyakan orang dan menganggap tidak ada hal yang serius saat terjadi cegukan.

Akan tetapi jika cegukan tersebut berlangsung lama kurang lebihnya sekitar lebih dari 30 detik dan terus cegukan tidak berhenti bisa juga itu merupakan gejala dari penyakit stroke yang harus anda waspada dan juga harus anda sadari.

  1. Mengalami kejang

Kejang terjadi karena terdapatnya kerusakan pada bagian otak yang mengakibatkan tubuh tidak dapat terkontrol dan tidak dapat dikendalikan. Kejang ini juga dapat dikatakan sebagai gejala dari penyakit stroke.

Hal ini terjadi karena suplai darah dan oksigen yang tidak maksimal ke dalam otak dan juga kejang ini dapat terus merusak sel – sel yang berada di dalam otak yang mengakibatkan orang tersebut dapat mengalami stroke. Saat terjadinya kejang anda harus segera tangani dengan dibawa ke rumah sakit ataupun klinik terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: