Gejala dan Obat Mielitis radang sumsum tulang belakang (myelitis) Paling Ampuh

Berbagai macam penyakit kini timbul dan menyerang manusia. Manusia pada tahun-tahun sekarang semakin mudah terjangkiti penyakit. Daya tahan tubuh menjadi lebih rentan, hal itu dipengaruhi oleh salah satunya adalah makanan. Penyakit berbahaya tersebut salah satunya adalah radang sumsum tulang belakang. Bukan hanya orang tua saja yang bisa terkena penyakit tersebut, namun anak muda juga.

Gejala dan Obat Mielitis radang sumsum tulang belakang (myelitis) Paling Ampuh

sumber : obatasamlambung.org

Apa Itu Radang Sumsum Tulang Belakang?

Radang sumsum tulang belakang atau yang memiliki nama ilmiah Mielitis Transversa adalah sebuah penyakit saraf neurologis yang langka, penyakit tersebut menyebaban peradangan pada sumsum tulang belakang. Seperti yang kita tahu bahwa sumsum tulang belakanga adalah bagian yang sangat penting dalam tubuh kita.

Peradangan tersebut akhirnya menyebabkan disfungsi dan inflamasi, jika hal itu sudah terjadi, maka kerusakan pada serabut sumsum tulang belakang akan terjadi. Berbagai macam faktor dapat melatar belakangi kerusakan tersebut, bisa jadi karena virus, akibat dari respon sistem kekebalan tubuh yang lemah dan tidak normal, dan juga akibat dari penyakit stroke yang sudah diderita sebelumnya.

Penyakit radang sumsus tulang belakang ini bisa menyerang siapapun tanpa mengenal usia. Namun, penyakit ini paling sering menyerang seseorang dengan usia awal 20 tahunan dan antara usia 3 sampai 40 tahun. Berbagai macam etnis juga dapat terkena penyakit ini. Sebaiknya selalu perbaiki pola hidup dan kesehatan Anda sebelum terserang penyakit ini.

Gejala Mielitis Transversa

Gejala dari penyakit ini sangat beragam sekali, bahkan pada setiap orang akan berbeda. Hal itu bergantung pada serabut saraf mana di sumsum yang terkena peradangan. Gejala lainnya juga tergantung dari pada intensitas atau tingkat keparahan peradangan terjadi. Semakin parah maka gejala yang ada akan semakin kompleks dan berat.

Berikut ini adalah beberapa gejala yang dapat dilihat:

  1. Ada rasa nyeri pada bagian leher, pinggang serta punggung. Rasa nyeri tersebt terasa sangat sakit dan bisa menjalar sampai perut dan kaki.
  2. Badan mati rasa, kesemutan dan juga terasa panas seperti sensasi terbakar.
  3. Badan sering pegal linu.
  4. Kaki menjadi lemah, kaki merasakan sensasi seperti tertusuk jarum, tidak terasa atau mati rasa dan tidak mampu membedakan suhu cairan antara panas atau dingin. Hal tersebut juga berlaku untuk benda bersuhu lainnya.
  5. Kandung kemih yang sudah mulai kehilangan fungsinya, akibatnya penderita radang sumsum tulang belakang kesulitan atau sama sekali tidak bisa buang air kecil.
  6. Gangguan pencernaan yang membuat kesulitan untuk buang air besar.

Selain dari pada gejala yang sudah disebutkan tadi, penderita radang sumsum tulang belakang juga akan mengalami gejala lain seperti hilangnya kontrol atau kesadaran otot pada usus. Beberapa fungsi seksual juga akan hilang akibatnya. Sumsum tulang belakang yang rusak akan mempengaruhi semua jaringan saraf pada tubuh.

Penyebab Mielitis Transversa

Pada kenyataannya sampai saat ini penyebab penyakit mielitis transversa belum diketahui secara pasti. Ada beberapa hal yang diduga sebagai penyebab penyakit ini, di antaranya virus, cedera tulang belakang, aliran darah yang tidak cukup untuk melalui jalan di pembuluh tulang belakang dan reaksi kekebalan tubuh yang abnormal.

Penyakit mielitis transversa juga bisa sebagai pemicu penyakit lainnya. Radang sumsum tulang belakang ini bisa menjadi pemicu penyakit multiple sclerosis, bahkan dapat menjadi bagian dari penyakit tersebut. Penyakit lainnya adala neuromyelitis optica, yakni keadaan di manasistem kekebalan tubuh malah menyerang saraf optik serta sumsum tulang belakang.

Pengobatan Untuk Mielitis Transversa

Sampai saat ini belum ada obat yang diketahui efektif untuk menyembuhkan penyakit radang sumsum tulang belakang tersebut. Pada beberapa minggu pertama setela bertemu dokter, maka dokter akan memberikan kortikosteroid, hal tersebut adalah untuk mengurangi peradangan. Terapi awal adalah hal penting yang akan menentukan keberhasilan penyembuhan selanjutnya.

Namun ada alternatif lain yakni menggunakan tahitian noni, obat tersebut adalah sebuah obat yang berasal dari ekstrak mengkudu. Tahitian noni sangat ampuh untuk mengatasi penyakit yang berkaitan dengan syaraf. Bahkan penyakit lain seperti diabetes, asma dan lain sebagainya dapat sembuh berkat mengkonsumsi tahatian noni secara rutin.

Incoming search terms:

  • mielitis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: