17 Ciri – Ciri Jantung Lemah Dan Cara Mengatasinya

Jantung adalah organ yang sangat penting yang berada di dalam tubuh yang bertugas untuk mengatur berbagai aliran darah yang digunakan untuk menyuplai darah serta oksigen ke seluruh tubuh, paru – paru yang juga nantinya akan ke otak.

Jantung yang tidak sehat ini terkadang mengalami jantung lemah. Jantung lemah itu merupakan suatu keadaan dimana jantung tidak dapat memompa darah untuk di alirkan dengan secara maksimal. Oleh karena itu menjadikan beberapa organ di dalam tubuh juga tidak dapat bekerja sesuai dengan tugasnya masing – masing.

Terjadinya jantung lemah ini memiliki tanda dan gejalanya yang perlu anda waspadai sehingga dapat segera anda atasi untuk tidak menyebabkan jantung menjadi tambah rusak atau tambah parah. Karena, rusaknya jantung ini dapat menimbulkan kerusakan organ yang lainnya. Hal ini terjadi karena jantung merupakan organ paling utama yang terhubung dengan organ – organ yang lainnya.

Ciri – ciri jantung lemah dan cara mengatasinya ini dapat anda ketahui dengan sangat mudah dan dapat anda pelajari dengan sangat mudah juga demi kesehatan jantung anda.

jantung lemah

source : hellosehat.com

Ciri – Ciri Jantung Lemah

Jika seseorang terkena jantung lemah maka dapat anda kenali dengan mudah dengan melihat ciri – ciri dari orang yang terkena jantung lemah itu sendiri yaitu sebagai berikut ini :

  1. Cepat merasa lelah

Cepat merasa lelah adahal ciri – ciri yang sering muncul bagi orang – orang yang mengalami jantung lemah. Hal ini terjadi karena pada beberapa organ hingga ke otak tidak mendapatkan cukup suplai oksigen yang harusnya diberikan oleh jantung.

Rasa lelah ini seringkali dirasakan saat melakukan aktivitas baik aktivitas yang berat maupun juga aktivitas yang ringan. Dengan rasa lelah yang kerap kali muncul walaupun beraktvitas yang ringan ini tentu saja akan mengganggu kegiatan anda dalam sehari – harinya.

jika terus dibiarkan maka lama kelamaan jantung juga mengalami kelelahan yang akhirnya sulit untuk memompa darah yang akan di alirkan ke seluruh tubuh dan juga paru paru – paru.

  1. Sesak napas

Sesak napas terjadi juga dapat disebabkan karena seseorang tersebut mengalami jantung yang lemah. Hal ini terjadi karena kurangnya suplai oksigen ke dalam berbagai organ yang berada di dalam tubuh.

Saat terjadi kelelahan seringkali disertai dengan sesak napas. Oleh karena itu, tidak diperbolehkan melakukan aktivitas yang berat – berat dan juga untuk memperbanyak istirahat.

Sesak napas ini terjadi di sebabkan oleh masuknya darah ke dalam organ tubuh yaitu pembuluh darah yang berfungsi untuk memasuk oksigen ke dalam paru – paru yang kemudian dikembalikan lagi ke jantung. Dan hal tersebut yang dapat mengakibatkan sesak napas atau susahnya bernapas.

  1. Batuk yang susah untuk disembuhkan

Bagi orang – orang yang mengalami batuk parah dan sudah diderita sangat lama bisa jadi itu karena jantung lemah. Jantung yang lemah itu sendiri mengalami kesulitan memompa dan salah satunya yaitu untuk memompa ke paru – paru.

 

Pada saat memompa ke paru – paru mengalami kegagalan maka terjadilah penumpukan cairan pada paru – paru yang menyebabkan seseorang tersebut mengalami batuk yang parah dan bahkan terkadang mengalami batuk dengan keluar darah.

  1. Detak jantung tidak teratur

Detak jantung akan teraba pada nadi tidak teratur hal ini karena kurangnya kekutan dalam memompa sel – sel darah pada jantung melalui berbagai pembuluh darah.

  1. Nafsu makan menurun

Orang yang mengalami lemah jantung ini seringkali merasakan mual yang mengakibatkan nafsu makan menjadi menurun. Hal ini karena rasa mual yang diakibatkan oleh organ hati dan yang lainnya yang tidak menerima suplai oksigen dengan baik.

  1. Berat badan mengalami penurunan

Dengan nafsu makan yang kurang dan juga asupan nutrisi yang kurang dalam tubuh mengakibatkan berat badan mulai berkurang.

  1. Pembengkakan pada tubuh

Pembengkakan ini terjadi karena jantung yang tidak dapat memompa darah dengan baik akan mengalami penumpukan cairan atau bengkak pada beberapa ekstremitas seperti tangan ataupun juga kaki.

  1. Daya ingat menurun

Kadar suplai oksigen yang tidak sampai ke otak akan mengakibatkan otak bekerja dengan lambat yang akhirnya akan menyebabkan daya ingat seseorang tersebut akan menjadi menurun atau berkurang.

  1. Tekanan darah tinggi atau rendah

Karena kegagalan dalam memompa darah ini akan membuat tekanan darah seseorang akan menjadi tinggi ataupu juga dapat mengalami tekanan darah rendah yang disebabkan oleh bagian mana yang menjadi rusak pada organ jantung tersebut.

  1. Sering mengalami sakit kepala

Sakit kepala itu sendiri karena kurangnya suplai oksigen yang berada di otak sehingga mengakibatkan orang tersebut mengalami sakit kepala yang dirasa secara terus menerus.

  1. Mengalami napas pendek

Karena kegagalan dalam memompa darah mengakibatkan juga paru – paru mengalami penumpukan sehingga mengakibatkan napas menjadi pendek dan terlihat seperti terengah – engah yang hal ini tentu mengganggu aktivitas anda.

  1. Sulit berkeringat

Jantung yang lemah ini merupakan penyebab dari anda sulit untuk berkeringat. Sebanyak apapun aktivitas anda, anda akan mengeluarkan keringat hanya sedikit.

  1. Sianosis

Sianosis atau kepucatan hal ini terjadi karena suplai darah yang kurang yang mengakibatkan seseorang tersebut terkena sianosis.

  1. Perut membesar

Penumpukan cairan yang disebabkan oleh jantung yang lemah karena tidak dapat memompa juga bisa menyebabkan penumpukan pada area perut sehingga perut menjadi buncit.

  1. Sering kesemutan

Kesemutan pada area tangan maupun kaki ini terjadi karena kurangnya suplai darah pada area tersebut sehingga area tersebut tidak terkena darah yang mengakibatkan kesemutan.

  1. Hati membesar

Penumpukan cairan yang disebabkan oleh jantung ini selain pada ekstremitas, perut juga dapat terjadi pada hati sehingga hati akan membesar.

  1. Kelainan jantung

Kelainan jantung ini merupakan penyakit jantung lemah yang nantinya akan menyebabkan suara jantung yang normalnya lup dup menjadi murmur atau yang lainnya.

Cara Mengatasi Jantung Lemah

Bagi anda yang mengalami jantung lemah dapat mengatasinya dengan beberapa cara berikut ini yang dapat anda lakukan sehari – hari yaitu sebagai berikut :

  1. Olahraga

Olahraga dapat dilakukan secara rutin. Anda juga dapat berolahraga secara ringan selam kurang lebih 30 menit sehari. Olahraga ringan tersebut dapat berupa bersepeda, senam, jalan kaki, dan juga berkebun.

  1. Hindari makanan pabrik

Makanan pabrik seringkali mengandung bahan pengawet yang tentu saja akan merusak kesehatan tubuh.

  1. Menjaga berat badan

Menjaga berat badan menjadi ideal sesuai dengan IMT atau index massa tubuh adalah pilihan yang sangat tepat.

  1. Mengecek kesehatan

Anda dapat mengecek kesehatan anda yang dapat mengakibatkan penyakit jantung yaitu seperti penyakit diabetes melitus atau yang lebih dikenal dengan penyakit gula, kemudian cek kesehatan yang lain yaitu cek kolesterol. Karena hal – hal tersebut merupakan yang dapat menjadikan jantung mengalami gangguan seperti jantung lemah dan yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: