Ciri – Ciri Kemandulan Pada Pria dan Wanita

Apa itu kemandulan ? Kemandulan sendiri adalah proses gagal bertemunya sel telur dengan sperma atau tidak terjadi pembuahan. Namun jangan sedih dulu jika misal baru awal menikah kemudian tidak langsung mendapatkan anak, belum tentu itu disebabkan kemandulan. Biasanya kemandulan itu apabila kita sudah melakukan hubungan sexual secara berturut – turut selama kurang lebih 12 bulan namun mengalami kegagalan dalam pembuahan. Itu baru disebut kemandulan.

Apa saja ciri – ciri kemandulan pada pria ?

Secara fisik, ciri – ciri kemandulan tidak dapat dilihat begitu saja. Tapi biasanya jika dilihat dari ciri – ciri sexual bisa terlihat. Misal nya

  1. Tumbuh rambut pubis tipis atau tidak ada. Hal ini biasanya terjadi karena gangguan hormonal.
  2. Atau bisa juga terdapat gangguan pada testis atau buah zakar. Biasanya buah zakarnya salah satunya tidak ada atau tidak normal sejak lahir. Kemudian terjadi pembekakan atau kemerahan pada buah zakar dan bisa juga terlihat bentuk buah zakar lebih kecil dari lelaki kebanyakan
  3. Obesitas juga termasuk penyebab kemandulan
  4. Perokok berat
  5. Dan pola hidup kurang teratur
  6. Bisa juga karena ada riwayat atau keturunan
  7. Penyakit pada sperma
  8. Dan yang paling sering adanya trauma atau kecelakaan yang terjadi pada daerah kemaluan

Apa yang menyebabkan kemandulan pada pria ?

Biasanya yang paling sering gangguan pada testis. Seperti

  1. Infeksi pada testis
  2. Terpelintirnya testis. Testis adalah tempat terbentuknya sperma. Jika proses pembentukannya sudah tidak baik biasanya tidak dapat mengeluarkan ejakulasi secara tepat dan kualitas sperma nya jadi tidak baik.

Biasanya yang paling berpengaruh pada proporsi tubuh adalah kualitas sperma. Jadi sperma yang kualitas baik adalah sperma yang cepat dan bisa sampai ke sel telur itu dengan tepat dan kualitas yang baik. Terkadang jika pria tersebut mengalami obesitas, biasanya gerakan spermanya lebih lambat dan bentuk sperma yang kurang sempurna. Misal tidak ada kepala hanya ekor saja, nah yang seperti ini tidak bisa membuahi.

Apa saja ciri – ciri kemandulan pada wanita?

Biasa nya terdapat pada

  1. Wanita yang memiliki siklus menstruasi yang kurang teratur. Misal dalam setahun menstruasinya agak lama. Normalnya 5 – 7 hari, jika anda mengalami lebih dari 10 hari, maka siklus tersebut tidak normal.
  2. Setiap menstruasi pendarahan nya banyak. Seperti beberapa ganti pembalut di waktu yang berdekatan.
  3. Terjadinya pendarahan di luar siklus menstruasi. Jika ini terjadi, biasanya ada penyakit lain seperti miom atau kanker.
  4. Tumbuh rambut pubis tipis atau tidak ada. Hal ini biasanya terjadi karena gangguan hormonal
  5. Obesitas atau kegemukan
  6. Terlalu capek biasanya untuk wanita pekerja keras. Karena wanita jika capek, maka akan terjadi penurunan pada produksi telur.

Apa yang menyebabkan kemandulan pada wanita ?

  1. Hormonal atau siklus menstruasi. Namun masih bisa diperbaiki. Segera konsultasikan ke dokter obgyn. Biasanya akan diberikan terapi hormonal atau beberapa obat hormonal untuk memperbaiki. Dan dijadwalkan untuk pembuahan yaitu bertemunya sperma dan sel telur.
  2. Endometriosis (Penyakit Rahim). Hal ini seperti Rahim yang berada diluar Rahim. Pembuahan bisa terjadi dimana saja disebabkan karena endometriosis ini. Hal lain bisa terjadi di tubafalopi. Pembuahan yang terjadi pada saluran yang menuju ke Rahim. Itu juga bisa terjadi pembuahan namun akan terjadi kehamilan ektopik atau kehamilan luar Rahim. Hal tersebut bisa menyebabkan kegagalan pembentukan janin.

Apa yang harus dilakukan kalau mengalami gejala kemandulan ?

Apabila gejala gejala di atas sudah terjadi pada Anda. Maka disarankan untuk konsultasi ke dokter obgyn. Agar bisa dilihat apakah ada resiko – resiko penyebab terjadinya kemandulan. Atau bisa juga datang ke dokter spesialis fertilitas agar bisa terlihat gejala gejala yang menyebabkan kemandulan.

Dari pemeriksaan diatas, maka kita bisa memutuskan tindakan selanjutnya seperti bayi tabung atau beberapa pemeriksaan lainnya untuk mempermudah.

Namun yang paling ditekankan adalah kemandulan itu bukan berarti tidak bisa hamil jika pada wanita. Jadi jangan terlalu khawatir dan sedih jika mengetahui hal ini.

Karena hal tersebut bisa terjadi karena tidak bertemunya sperma dengan sel telur.

Misalnya sperma nya sudah siap namun tidak sampai untuk menuju sel telur. Begitu juga sebaliknya, ketika ovulasi wanita belum siap, itu juga belum bisa membuahi. Jadi jika harus berkonsultasi dengan dokter terkait. Namun jangan berhenti berusaha dan berikhtiar.

Oleh : Dr. Made Sanitca Indah
Sumber : SKWAD Health

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: