Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan 10 Jenis Bahan Alami

Rambut merupakan mahkota bagi setiap orang. Memiliki rambut lebat dan sehat pastinya dapat membuat penampilan semakin menarik. Sebaliknya, rambut botak karena rontok dapat mengurangi kesan keindahan penampilan Anda. Ada banyak cara mengatasi rambut rontok.

Salah satunya adalah dengan menggunakan berbagai merek obat dan serum untuk menghentikan rambut rontok. Namun, sebaiknya Anda mengatasi rambut rontok dengan memanfaatkan bahan-bahan yang alami.

Meskipun agak repot dalam menyiapkannya, tetapi bahan alami jelas bebas dari efek samping bahan-bahan kimia buatan. Risiko seperti gatal-gatal di kulit kepala dan ketombe pun relatif jarang timbul tatkala memilih bahan perawatan rambut yang alami.

Baca Juga : 5 Penyebab Rambut Rontok
                  Obat Penumbuh Rambut

Bahan Alami untuk Mengatasi Rambut Rontok

Bahan-bahan alami untuk mengatasi rambut rontok ini mudah didapat di sekitar Anda. Cara meramu dan mengaplikasikannya juga cukup mudah. Berikut 10 bahan yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

1. Lidah Buaya

manfaat-lidah-buaya-untuk-rambut

Sumber : Merdeka.com

Lidah buaya atau Aloe Vera terbukti membuat bisa rambut menjadi lebih sehat. Kandungan mineral, vitamin, dan asam amino di dalamnya mampu menjadikan rambut lebih kuat serta merangsang pertumbuhan rambut pada kulit kepala.

Cara menggunakan lidah buaya yaitu dengan memisahkan bagian daging atau isi dari kulitnya. Kemudian basahi rambut dan tunggu hingga setengah kering atau lembap. Usapkan daging lidah buaya yang berlendir pada rambut dan kulit kepala.

Biarkan sebagai masker rambut selama 15 sampai 20 menit, kemudian bilas. Lakukan cara ini dua atau tiga kali seminggu untuk hasil maksimal.

2. Buah Alpukat

Alpukat

sumber : bogor.net

Alpukat diperkaya lemak dan protein yang efektif melebatkan rambut jika rutin digunakan sebagai masker. Haluskan daging buah alpukat dengan sendok atau blender. Setelah itu balurkan pada rambut dan kulit kepala hingga merata. Usai didiamkan selama 20 menit, bilas dengan air bersih dan keramas seperti biasa.

3. Yoghurt

manfaat yoghurt

Sumber : harighotra.co.uk

Yoghurt, olahan susu bertekstur lembut ini mampu mengatasi rambut rontok. Cara mengatasi rambut rontok sangat mudah. Cukup oleskan merata pada kulit kepala dan biarkan selama 10 hingga 15 menit.

Setelahnya, cuci rambut hingga bersih. Untuk memperoleh hasil yang terbaik, lakukan dua atau tiga kali seminggu.

4. Kemiri

manfaat kemiri

sumber : kompasiana.com

Minyak kemiri bisa menjadikan rambut hitam, sehat, dan lebat. Di dalam minyak kemiri terkandung asam palmitik, asam linoleat, asam stearat, dan asam oleat yang juga mampu melindungi warna rambut.

Untuk menghasilkan minyak, kemiri ditumbuk kasar lalu disangrai. Setelah itu tumbuk lagi hingga halus dan mengeluarkan minyak. Minyak yang didapat kemudian dioleskan secara merata pada rambut hingga ke pangkalnya. Keramas dengan sampo hingga bersih.

5. Minyak Esensial

manfaat-Minyak-Esensial

hellosehat.com

Minyak esensial yang bisa mengatasi rambut rontok antara lain; minyak kelapa, minyak wijen, dan minyak zaitun. Balurkan salah satu jenis minyak tadi secukupnya pada rambut sambil dipijat perlahan.

Biarkan selama 10 menit hingga meresap lalu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan secara rutin dua kali seminggu agar rambut Anda kembali lebat.

6. Jahe

manfaat-jahe

sumber : arah.com

Jahe dapat diaplikasikan pada rambut untuk mengatasi kerontokan. Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan jahe menggunakan blender. Anda dapat menambahkan bawang putih ke jahe yang sudah dihaluskan. Setelah itu oleskan campuran tersebut pada rambut dan diamkan selama 15 menit. Selanjutnya cuci bersih dan bilas rambut Anda.

7. Teh Hijau

manfaat-minum-teh-hijau

sumber : hellosehat.com

Selain berkhasiat menyehatkan badan, teh hijau dapat digunakan untuk merawat rambut rontok. Pertama, seduh teh hijau dengan air panas lalu biarkan hingga dingin. Setelah dingin gunakan untuk membasuh seluruh rambut.

Selama kurang lebih satu jam, biarkan hingga meresap lalu bilas. Lakukan cara ini dua kali seminggu untuk hasil yang sempurna. Teh hijau mampu melindungi rambut dan kulit kepala dari kerusakan akibat sinar matahari serta membuat rambut lebih sehat bersinar.

8. Jus Ketumbar

manfaat-jus-ketumbar

sumber : okezone.com

Jus daun ketumbar dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengatasi rambut rontok. Buat jus daun ketumbar segar dengan blender. Saring dan gunakan jusnya untuk dioleskan pada rambut dan kulit kepala.

Setelah satu jam, bilas rambut atau keramas seperti biasa untuk mencucinya. Jika ingin memiliki rambut lebat, halus, dan sehat, lakukan cara tersebut dua kali seminggu.

9. Kentang

manfaat-kentang

sumber : haibunda.com

Kentang mengandung kalium yang dapat menyelamatkan rambut Anda dari kerontokan. Caranya adalah dengan menghaluskan kentang dengan cara diblender atau diparut, kemudian saring.

Tambahkan satu sendok makan madu ke dalam kentang halus tadi. Gunakan campuran tersebut sebagai masker rambut dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan sampo hingga bersih.

10. Jeruk Nipis

manfaat-jeruk-nipis

topmetro.news

Jeruk nipis diiris menjadi beberapa bagian untuk masker rambut. Usapkan merata pada kulit kepala. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih. Dengan cara ini, selain rambut bebas rontok juga terhindar dari ketombe.

Perawatan Rambut Rontok Secara Alami dari Dalam

Selain perawatan rambut rontok dengan bahan-bahan alami dari luar, Anda juga harus menutrisi tubuh dari dalam. Tujuannya agar rambut lebih sehat, sehingga bebas dari masalah rambut kusam dan rontok.

Agar rambut tidak rapuh, Anda memerlukan asupan zat gizi seperti protein dan mineral untuk memperkuat akar dan helaian rambut. Lengkapi menu harian Anda dengan 2-3 porsi daging atau 4-5 porsi kacang-kacangan dan susu serta olahannya sebagai sumber protein.

Tambahkan dengan konsumsi asam lemak omega-3 dari telur ayam, ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Asam lemak omega-3 ini berkhasiat menjadikan kulit kepala sehat dan bebas dari peradangan yang menyebabkan kulit kering dan berketombe.

Pastikan juga zat besi tercukupi, karena anemia juga bisa memicu kerontokan rambut. Mineral biotin dan zinc juga penting untuk mencegah penipisan rambut, menguatkan rambut, dan merangsang pertumbuhannya.

Di samping menggunakan bahan alami sebagai cara mengatasi rambut rontok, Anda juga perlu menghindari kebiasaan yang menyebabkan kerontokan terjadi. Misalnya mengikat rambut dengan karet terlalu kencang, terlalu sering mencatok, dan menggunakan alat pengering rambut.

Solusi yang kami sarankan untuk mengatasi rambut rontok dan kebotakan pada pria dan wanita adalah dengan menggunakan Montclair Hair Serum, Selain sudah teruji klinis montclair juga terdapat garansi. Sehingga Anda bisa menggunakan Montclair tanpa rasa was was jika tidak tumbuh dalam pemakaian 3 – 5 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: