Begini Ternyata Fakta Angin Duduk !!

sumber : medcast.com.au

kali ini saya ingin membahas tentang fenomena angin duduk. Angin duduk adalah hal yang sering kita dengar dan bicarakan sehari hari tapi kamu tau apa si sebenarnya angin duduk itu ?

angin duduk adalah timbulnya rasa nyeri di dada yang sangat tidak nyaman yang bisa terjadi secara tiba – tiba, baik saat istirahat atau beraktivitas.

Angin duduk atau angina memiliki gejala seperti nyeri di bagian dada yang menjalar ke lengan kiri, rahang dan juga punggung. Gejala lainnya seperti

  1. Sesak nafas
  2. Berkeringat dingin
  3. Mual
  4. Muntah
  5. Dan gelisah

Jika kamu merasakan nyeri di dada walaupun kamu belum pernah mengalami gangguan jantung ataupun kamu pernah mengalami gangguan jantung, kamu harus tetap periksakan diri kamu ke dokter.

Penyebab Angina atau Angin duduk

Kurangnya pasokan oksigen dan nutrisi ke otot jantung disebabkan karena penyempitan pembuluh darah coroner. Pembuluh darah coroner sendiri adalah pembuluh darah kecil yang memasok nutrisi serta oksigen ke otot jantung supaya jantung dapat bekerja optimal. Penyempitan pembuluh darah coroner disebabkan karena penumpukan plak lemak dan faktor pembekuan sehingga menghalangi aliran darah ke otot otot jantung.

Faktor – faktor yang menyebabkan resiko mengalami hal ini makin besar adalah :

  1. Merokok
  2. Diabetes mellitus
  3. Hipertensi
  4. Mempunyai riwayat jantung di keluarga
  5. Dan juga kolesterol tinggi

Tipe angina duduk atau angina terdiri sebagai berikut :

  1. Stabil

Angina atau nyeri dada yang bertahan kurang dari 20 menit

  1. Tidak stabil

Angina atau nyeri dada yang bertahan lebih dari 20 menit

Nah angina yang tidak stabil ini merupakan salah satu bentuk serangan jantung dan sangat berbahaya.

Faktor resiko yang memperberat penyakit jantung coroner adalah

  1. Rokok

Rokok adalah faktor utama, kenapa? Karena rokok menghasilkan radikal bebas yang membuat plak sehingga pembuluh darah coroner menjadi menyempit.

  1. Hipertensi atau darah tinggi

Hal ini karena hipertensi menyebabkan pembuluh darah menjadi mengeras dan tidak elastis lagi

  1. Diabetes mellitus atau penyakit gula darah

Gula darah akan menyebabkan elastisitas pembuluh darah itu akan terganggu dan juga ada plak yang akan menyempitkan pembuluh darah coroner

  1. Kadar kolesterol yang tinggi

Kadar kolesterol yang tinggi akan masuk ke dalam pembuluh darah dan akan membentuk plak sehingga penyempitan di area coroner itu menyebabkan pasokan oksigen dan nutrisi menjadi terganggu.

  1. Riwayat penyakit jantung di keluarga

Hal ini sebenarnya masih di cari tau lebih dalam. Namun banyak penelitian yang menegaskan bahwa jika orang tua memiliki jantung coroner maka anaknya memiliki resiko yang lebih besar.

Nah setelah kita tau mengenai penyakit angin duduk dan serta penyebabnya maka kita tidak boleh menganggap hal ini sebagai hal yang remeh. Deteksi dini penyakit jantung coroner harus dilakukan secara berkala seperti tes thread mil dan tes darah apalagi bagi kamu yang berusia lebih dari 35 tahun ke atas.

Artikel di atas sudah menjelaskan tentang apa itu angina duduk, jika anda masih ada pertanyaan, komen di kolom komentar ya. Pasti akan kami balas.

Sumber :
dr. Azalia Bahat
SKWAD Health

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this:

×






Pesan Sekarang