7 Bahaya Asap Rokok Bagi Ibu Hamil

Seperti yang sudah banyak orang ketahui bahwa rokok banyak mengandung zat – zat kimia seperti halnya nikotin, tar dan masih banyak yang lainnya. Namun pada kenyataan kandungan – kandungan yang membahayakan tersebut tidak dihiraukan walaupun sudah mengetahuinya  bagi para perokok aktif.

Asap rokok yang ditimbulkan dari para perokok aktif ini juga akan memengaruhi kesehatan dari perokok pasif. Perokok pasif itu sendiri merupakan orang – orang yang tidak merokok akan tetapi menghirup asap rokok dari orang yang merokok.

Efek samping yang dapat merusak kesehatan tersebut dapat menyerang perokok aktif dan pasif. Akan tetapi, yang lebih banyak terkena dampaknya adalah para perokok pasif. Hal ini karena perokok pasif lebih banyak menghirup asap rokok daripada perokok aktif itu sendiri.

Bagi para ibu hamil juga sangat berbahaya jika menghirup asap rokok. Berikut ini beberapa hal yang harus anda perhatikan tentang bahaya asap rokok bagi ibu hamil yaitu sebagai berikut ini :

  1. Menyebabkan bayi lahir prematur

Pada orang hamil asap rokok sangat membahayakan kesehatan ibu hamil terutama pada janin yang sedang di kandungnya. Jika terlalu banyak menghisap asap rokok tersebut dapat menyebabkan janin yang berada di kandungan akan lahir dengan BBLR atau berat bayi lahir rendah.

Dengan kondisi berat bayi lahir rendah ini bayi akan membutuhkan perawatan khusus sehingga bayi tersebut dapat hidup dengan kemampuannya sendiri tanpa dengan alat bantu. Bayi berat lahir rendah dapat terjadi karena terlalu banyaknya ibu saat mengandung menghirup asap rokok.

  1. Menyebabkan kematian dini pada janin

Ibu yang sedang hamil jika terlalu banyak terpapar oleh asap rokok akan mengakibatkan janin yang berada di dalam kandungan dapat mengalami kematian dini atau premature death. Hal ini terjadi karena zat – zat kimia yang terkandung dalam rokok dan asap rokok tersebut.

Zat – zat kimia dalam kandungan asap rokok ini sangat keras untuk janin yang masih lemah dan jika terus terpapar maka lama kelamaan janin akan semakin lemah dan dapat menyebabkan kematian janin yang masih berada di dalam kandungan.

  1. Menyebabkan bayi terkena penyakit pernapasan

Bayi – bayi yang baru lahir dengan riwayat saat berada di kandungan terkena atau terpapar asap rokok maka dapat mengalami penyakit saluran pernapasan. Penyakit ini dapat berupa pneumonia, bronkitis.

Selain mengalami penyakit pada saluran pernapasan juga dapat terkena penyakit pada bagian yang lainnya yaitu seperti telinga dan juga dapat memperlambat dari pertumbuhan paru – paru bayi tersebut.

  1. Menyebabkan kelainan dalam struktur DNA

Pada beberapa janin – janin yang sering terpapar asap rokok mengalami kelainan struktur dalam DNA nya. Dengan hal tersebut menyebabkan sistem kekebalan tubuh dari janin tersebut sulit untuk terbentuk.

Karena sulit terbentuknya sistem kekebalan tubuh tersebut menyebabkan janin akan menjadi lemah dan jika bayi lahir pun akan mudah terserang penyakit karena tidak memiliki sistem kekebalan tubuh sejak berada di janin.

  1. Menyebabkan gangguan pertumbuhan otak

Karena zat – zat kimia yang berbahaya tersebut terus terhirup oleh janin akan menyebabkan pertumbuhan otak pada janin tidak dapat terbentuk dengan sempurna yang mengakibatkan janin mengalami berbagai kelainan.

Kelainan tersebut juga dapat berlanjut saat janin sudah lahir yang menyebabkan perkembangan otak pada bayi tidak dapat berkembang dengan sangat baik dan mengalami keterlambatan dalam tumbuh kembangnya.

  1. Menyebabkan bayi lahir cacat

Janin yang sering terpapar asap rokok ini juga dapat mengalami pertumbuhan struktur tubuh pada janin tidak dapat terbentuk dengan sangat baik sehingga saat lahir pun dapat menyebabkan berbagai kelainan pada tubuh bayi tersebut.

Salah satu kelainan tersebut adalah bayi terlahir dengan bibir sumbing. Selain hal tersebut terjadi karena janin terpapar asap rokok juga karena kelainan dari sperma seorang ayah yang merupakan seorang perokok aktif.

  1. Menyebabkan penyakit jantung

Selainan berbagai penyakit pernapasan pada janin yang terkena paparan asap rokok saat dalam kehamilan juga dapat menyebabkan penyakit jantung bawaan yang juga dapat menyebabkan keguguran pada janin tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: