Anda Mimisan Terus Menerus ? Bisa Jadi Tanda Kanker Nasofaring ! Begini Penjelasannya

Apa yang dimaksud kanker nasofaring ?

Jadi nasofaring adalah area yang berada di belakang rongga hidung hingga belakang langit – langit rongga mulut. Dan ini adalah area yang tersembunyi, yang tidak bisa dilihat dari luar, dan dokter pun akan memeriksanya dengan alat yang Namanya endoskopi pada nasofaring

Faktor apa saja yang menyebabkan kanker nasofaring ?

Penyebab pastinya Kanker nasofaring belum bisa dipastikan tapi ada sejumlah faktor resiko yang bisa menyebabkan terjadinya kanker nasofaring.

  1. Merokok
  2. Minum alcohol
  3. Terlalu berlebihan konsumsi makanan berpengawet
  4. Kemudian juga bisa karena infeksi virus Epstein barr

Karena pada sebagian besar pasien kanker nasofaring di dalam darahnya ditemukan Anti Virus Epstein Barr Yang Tinggi.

  1. Dan juga konsumsi makanan panas. Ini bisa menyebabkan iritasi pada area nasofaring sehingga lama – kelamaan bisa menjadikan perubahan atau mutase sel
  2. Polusi udara juga bisa meningkatkan resiko kanker nasofaring

Apa saja gejala kanker nasofaring ?

Nah, karena nasofaring merupakan area yang tersembunyi maka biasanya pasien ini datang ke dokter sudah dalam keadaan kondisi lanjut. Kenapa ? karena pada saat kondisi stadium awal ini gejalanya bisa tidak terasa. Atau apabila terasa tidak spesifik atau tidak signifikan.

Gejala awalnya ini mirip seperti gejala :

  1. Hidung tersumbat
  2. Pilek
  3. Mimisan
  4. Dan karena nasofaring ini area nya dekat dengan dasar tengkorak, apabila ada masa tumor disitu maka tumor ini bisa menghambat syaraf yang keluar di dasar rongga tengkorak.

Dari point ke 4 bisa terjadi, maka akan mendapatkan gangguan seperti Gangguan pada mata dan efeknya adalah

  1. Penglihatan menjadi ganda
  2. Kelopak mata menutup sebagian
  3. Dan juga bisa menyumbat atau menekan saluran yang menghubungkan antara hidung dengan telinga. Sehingga terjadilah gangguan telinga berdenging, telinga terasa penuh dan juga bisa menyebabkan gangguan kelenjar getah bening yang ada dileher.

Bagian tubuh mana yang bisa terkena kanker nasofaring?

Tentunya yang terkena di bagian nasofaring. Apabila sudah masuk ke stadium lanjut maka bisa menjalar ke area lain ke paru – paru, otak dan tulang. Tapi tumornya sendiri itu ada di nasofaring.

Bagaimana cara memastikan bahwa seseorang terkena kanker nasofaring ?

Biasanya pasien tidak begitu waspada karena dia menganggap karena dia menganggap gejala pilek biasa atau menganggap remeh jika sering terjadi mimisan atau hidung tersumbat. Tapi jika masuk stadium lanjut ini angka harapan hidupnya semakin berkurang.

Nah untuk mendiagnosa pasti kanker nasofaring tentunya dengan BIOPSI. Jadi jaringan tumornya diambil lalu dilakukan biopsi. Diambilnya melalui hidung atau melalui rongga mulut

Bagaimana cara mencegah kanker nasofaring ?

Tentunya kanker ini terkait dengan pola hidup maka jalankan pola hidup yang sehat atau pola makan yang baik. Olahraga cukup dan disertai dengan tidak merokok, tidak konsumsi alcohol berlebihan dan hindari polusi. Dan tentunya, perokok pasif yang menghirup asap rokok, sama potensinya bisa terkena kanker nasofaring. Nah sebisa mungkin hindari polusi udara.

Sekian dulu artikel dari kami, semoga bermanfaat. Silahkan komen dan share jika dirasa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this:

×






Pesan Sekarang