Air Kencing Berbusa? Mungkin Tanda Masalah Ginjal

Apabila Anda mengalami air kencing berbusa? Mungkin tanda masalah ginjal. Sebenarnya hal tersebut menandakan bahwa kondisi kesehatan Anda memang sedang tidak sehat. Namun, jika setiap hari air kencing Anda berbusa maka tersebut memang dapat membahayakan organ tubuh. Oleh karena itu, Anda harus melakukan pemeriksaan dokter untuk mengetahui hasil lebih pastinya.

Permasalahan organ ginjal memang sangat berkaitan dengan air kencing yang berbusa. Tetapi sebenarnya ada beberapa hal yang menjadi penyebab kencing menjadi berbusa yaitu dikarekan kandungan kemih penuh ataupun dikarenakan air kencing terkonsentrasi yang disebabkan karena dehidrasi. Tetapi air kencing yang berbusa ternyata juga menjadi penyebab penyakit berbahaya.

Nah, Anda dapat mengkhawatirkan air kencing berbusa yang berbahaya untuk kesehatan tubuh apabila Anda sering mengalami kelelahan, tidak nafsu makan, mual, perubahan jumlah air kencing, air kencing keruh, sulit tidur, dan juga pembengkakan pada bagian kaki dan tangan. Apabila Anda mengalami tanda-tanda tersebut maka segera konsultasikan dengan dokter.

penyebab kencing berbusa

Sumber : alodokter

Penyebab Air Kencing Berbusa

Anda mengalami permasalahan air kencing berbusa? Bisa jadi hal tersebut menunjukan penyakit yang berbahaya ataupun bukan tanda-tanda penyakit. Untuk lebih jelasnya maka ketahui informasi yang terdapat di bawah ini.

  1. Protein di dalam Urine

Salah satu penyebab yang membuat air kencing menjadi berbusa yaitu kadar protein di dalam saluran kemih yang sangat banyak sehingga tidak dapat membuat ginjal menyaring kadar protein dengan baik sehingga menyebabkan Anda mengalami permasalahan kadar air menjadi berbusa.

Hal tersebut tentunya tidak menunjukkan bahwa ginjal Anda mengalami permasalahan. Dengan demikian maka hal yang harus dilakukan agar urine tidak berbusa maka Anda harus mengurangi sedikit makanan yang terlalu banyak mengandung protein terlalu banyak.

Tentunya apabila selalu mengkonsumsi terlalu banyak maka akan membuat ginjal semakin tidak efektif dalam bekerja ataupun menyaring minuman sehingga Anda akan memiliki permasalahan saat buang air kecil.

  1. Infeksi Saluran Kemih

Berikutnya, air kencing berbusa? Mungkin tanda masalah ginjal atau bisa juga karena ISK ataupun infeksi saluran kemih juga menjadi salah satu pertanda apabila Anda memiliki air kencing yang berbusa. Dengan demikian maka sebaiknya Anda bisa langsung mengkonsultasikannya ke dokter agar segera mendapatkan penanganan.

Jika permasalahan infeksi di sekitar saluran kemih, uretra, utrea, ataupun ginjal dibiarkan dalam jangka waktu yang lama tentunya dapat mengakibatkan munculnya batu ginjal ataupun batu saluran kemih yang sangatlah berbahaya untuk kesehatan tubuh tentunya ginjal.

Oleh karena itu, apabila Anda buang air kencing berbusa dalam waktu dalam frekuensi yang sering maka segera konsultasikan dengan dokter.

Baca Juga :

  1. Fistula

Fistula tentunya memang masih menjadi istilah asing yang digunakan untuk menggambarkan sebuah penyakit yang terdapat di sekitar anus. Biasanya fistula bisa mengeluarkan nanah di sekitar kulit bagan anus. Tentunya sangat bahaya bukan? oleh karena itu, apabila terlalu sering mengalami air kencing berbusa maka bisa langsung mengkonsultasikannya ke dokter.

Memang tidak semua pertanda air kencing berbusa menunjukkan penyakit yang berbahaya akan tetapi jika terlalu sering maka sebaiknya Anda bisa langsung mengkonsultasikannya dengan dunia medis ataupun langsung kepada dokter.

  1. Semen di dalam Urine

Ternyata air kencing yang berbusa juga bisa disebabkan karena adanya semen yang tertinggal di dalam saluran kemih sehingga membuat urin menjadi berbusa. Atau dengan kata  lain semen dan urine dikeluarkan secara bersamaan yang membuatnya menjadi berbusa.

Tentunya, hal tersebut tidaklah menandakan suatu penyakit yang berbahaya sehingga Anda tidak perlu mengkonsultasikannya dengan dokter ataupun melakukan cek urine pada dunia medis.

  1. Penyakit Ginjal

Seperti yang sudah dijelaskan pada uraian berikutnya bahwa air kencing berbusa? Mungkin tanda masalah ginjal sehingga ketika air kencing mengalami permasalahan maka hal tersebut juga bisa disebabkan karena ginjal tidak berfungsi dengan baik.

Nah, apabila Anda sudah mengenali tanda air kencing berbusa dalam frekuensi yang lama maka sebaiknya Anda memang mengeceknya karena bisa saja hal tersebut terjadi karena adanya permasalahan pada organ tubuh bagian ginjal.

Hal tersebut bisa dikarenakan adanya infeksi di bagian ginjal ataupun ada bakteri yang mengganggu kerja saluran kemih sehingga membuat air kencing menjadi berbusa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: