Waspadai 7 Tanda Awal Kanker Payudara

Payudara merupakan anggota bagian tubuh yang menjadi aset bagi seorang wanita. Hal ini karena payudara juga dapat menjadi penunjang penampilan bagi wanita tersebut. Tanpa disadari hal ini sering terjadi pada beberapa wanita.

Akan tetapi, pada sekarang ini justru banyak wanita yang mengalami penyakit tumor payudara bahkan terjadi kanker payudara. Tumor atau kanker payudara itu sendiri yaitu merupakan benjolan abnormal yang dapat terus membesar dan jika tidak segera ditangani maka akan semakin menyebar ke anggota atau organ tubuh yang lainnya.

Dan jika sudah menyebar maka itu sudah menjadi penyakit kanker payudara yang sulit untuk disembuhkan. Bahkan kebanyakan kasus dari kanker payudara ini dapat menyebabkan kematian. Untuk itu anda harus waspadai tanda awal kanker payudara untuk mengenali payudara anda dan bisa dilakukan dengan cara SADARI yaitu periksa payudara sendiri.

7 gejala kanker payudara

sumber : medicalnewstoday.com

Tanda – tanda yang harus anda perhatikan untuk mewaspadai dari adanya penyakit kanker payudara yang harus anda ketahui yaitu sebagai berikut ini :

  1. Mengalami perubahan tekstur kulit

Kulit pada umumnya akan terasa elastis. Namun, jika kulit tersebut terasa agak kasar serta terasa bersisik pada bagian payudara maka anda perlu mewaspadainya. Hal ini karena payudara akan mengalami inflamasi atau peradangan yang terjadi pada bagian puting dan juga pada area areola.

  1. Kulit akan mengerut

Tanda – tanda lain yang dapat timbul dari adanya penyakit kanker payudara ini adalah kulit menjadi berkerut pada area payudara. Kemudian, seringkali akan terdapat cekungan – cekungan kecil pada daerah payudara tersebut.

  1. Payudara berwarna kemerah – merahan

Payudara yang mengalami masalah kesehatan juga akan mengalami perbahan warna pada daerah payudara. Payudara akan berwarna kemerah – merahan. Hal ini terjadi karena payudara mengalami peradangan atau inflamasi.

  1. Payudara terasa sakit saat di sentuh

Karena terjadinya peradangan atau pembengkakan pada daerah payudara yang juga mengalami pembengkakan karena tumbuhnya kelenjar yang semakin membesar dalam payudara akan menyebabkan rasa sakit pada daerah payudara dan terasa sangat sakit saat payudara akan di sentuh.

Tidak hanya disentuh, bahkan saat menggunakan bra ataupun pakaian akan terasa semakin sakit. Rasa sakit ini bersifat bertahan sehingga rasa sakit ini tidak akan hilang.

  1. Perubahan kelenjar getah bening

Pada daerah payudara terdapatnya kelenjar getah bening yang berada di ketiak. Jika seseorang terkena kanker payudara dan tidak di sadari maka penyakit tersebut akan terus semakin meluas hingga ke bagian ketiak yang akan membuat kelenjar getah bening menjadi bengkak atau mengalami pembengkakan yang akan menyebabkan rasa sakit.

Pembengkakan dari kelenjar getah bening ini mengakibatkan perubahan warna pada area payudara bahkan sampai ke sekitar payudara dan jika tidak segera ditangani akan terus semakin bengkak dan semakin membesar.

  1. Pembengkakan cukup parah

Pada wanita – wanita yang mengalami penyakit kanker payudara seringkali mengalami payudaranya menjadi terus membesar dan lama kelamaan akan memiliki tekstur yang keras. Hal ini karena terdapatnya massa pada payudara tersebut.

Dan jika pembengkakan ini tidak segera ditangani lama kelamaan payudara yang membesar serta keras tersebut akan mengakibatkan luka pada bagian payudara dan penanganan satu – satunya adalah mengambil atau mengangkat payudara tersebut agar tidak tambah menyebar ke bagian organ – organ tubuh yang lainnya.

Pengangkatan payudara ini dilakukan agar massa yang berada di payudara dan sel – sel kanker dapat terangkat sehingga tidak akan mengakibatkan kerusakan yang semakin parah pada bagian payudara tersebut.

  1. Keluar cairan dari payudara

Cairan yang keluar pada payudara bukan berarti itu adalah ASI atau air susu ibu. Melainkan dapat juga keluar cairan yang berbeda bentuknya dengan ASI dan itu merupakan salah satu tanda dari adanya kanker payudara.

Cairan yang keluar dari payudara yang menandakan itu adalah kanker payudara biasanya memiliki warna hijau, kuning dan bahkan berwarna kemerah – merahan. Jika hal tersebut terjadi pada anda maka ada baiknya anda harus segera memriksakannya ke dokter untuk dapat ditangani dengan cepat dan tepat yang akan membuat penyakit dapat cepat teratasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: