6 Bahaya Jika Trombosit Terlalu Rendah

Perlu diketahui bahaya jika trombosit terlalu rendah karena dapat memberikan efek yang berkepanjangan untuk kesehatan. Hal tersebut dikarenakan adanya kelainan darah yang bisa memberikan efek cukup berbahaya untuk organ tubuh yang lainnya bisa berdampak penyakit yang tergolong rendah hingga berat untuk kesehatan tubuh.

Apa itu trombosit? Sebagai salah satu sel dalam darah yang berperan untuk menghentikan pendarahan tentunya memiliki peran penting di dalam tubuh manusia sehingga ketika Anda terluka mengeluarkan darah maka bisa dihentikkan apabila trombosit dalam batas normal. Apabila trombosit terlalu rendah kemudian dibiarkan dalam jangka waktu yang cukup lama maka bisa berakibat fatal.

Nah, ketahuilah bahwa kadar normalnya yaitu berkisar mulai dari  140.000 sampai 450.000 trombosit per mikroliter darah. Apabila Anda memiliki kadar di bawah normal maka bisa disebabkan karena adanya penyakit yang tumbuh di dalam tubuh sehingga Anda harus melakukan konsultasi dengan dokter agar mendapat solusi untuk mengatasinya dengan tepat.

bahaya-jika-trombosit-rendah

sumber : directorsblog.nih.gov

Bahaya Trombosit Rendah

Sudahkah Anda mengetahui bahaya trombosit yang rendah bagi kesehatan tubuh? Apabila Anda belum mengetahuinya maka sebaiknya ketahui lebih detailnya yang terdapat dalam uraian di bawah ini.

  1. Anemia

Anemia ataupun istilah yang diartikan kurang darah tentunya memang menjadi dampak dari trombosit rendah. Hal tersebut dikarenakan daerah tidak dapat mengalir dengan baik bahkan membuat sel darah merah menjadi menurun. Dampak dari anemia tentunya sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Nah, untuk dampak dari anemia ataupun kurang darah yaitu kepala mudah pusing, lemas, dan membuat sesak nafas. Namun, terkadang anemia memang tidak disadari oleh sebagian besar orang. Padahal jika dibiarkan terus menerus dapat menjadi penyakit yang berbahaya seperti leukimia.

  1. Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh

Berikutnya  bahaya jika trombosit terlalu rendah yaitu membuat kondisi kekebalan tubuh memang menjadi lebih menurun. Dengan demikian maka membuat tubuh menjadi lebih mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, sebaiknya Anda konsultasikan secara langsung dengan dokter agar bisa mengatasi permasalahan trombosit yang rendah.

Atau Anda juga bisa menambah kadar trombositnya dengan mengkonsumsi berbagai makanan ataupun minuman yang bisa menambah trombosit dalam waktu yang cepat. Biasanya sebagian besar orang menambah trombosit dengan mengkonsumsi jambu biji ataupun kacang hijau.

  1. Komplikasi

Ternyata apabila Anda memiliki kadar trombosit yang sangat rendah maka bisa mengakibatkan penyakit komplikasi di dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan sistem imun ataupun kekebalan tubuh yang sangat rendah memang membuat cara kerja organ tubuh menjadi tidak sesuai fungsinya sehingga membuat tubuh menjadi lebih mudah sakit.

Dengan demikian maka sebaiknya Anda memang menambah kadar trombosit dengan mengkonsumsi berbagai makanan sehat agar tidak mudah membuat tubuh menjadi lebih mudah terkena bakteri ataupun virus penyebab penyakit berbahaya dalam tubuh.

  1. Leukimia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa anemia yang dibiarkan dalam jangka waktu yang lama memang akan mengakibatkan penyakit berbahaya yaitu kanker daerah atau yang biasa disebut dengan leukimia. Nah, leukimia merupakan kanker darah dari permasalahan kelebihan darah putih.

Nah, hal tersebut dikarekan produksi sel darah merah memang tidak normal sehingga membuat sel darah putih semakin banyak. Dengan demikian maka Anda memang harus lebih menjaga batas normal trombosit.

Tentunya apabila Anda sudah mengalami sakit yang mengalami permasalahan sel darah putih maka cara menyembuhkannya juga sangatlah sulit. Sebelum mengalaminya maka Anda memang harus mencegahnya.

  1. Pendarahan Berat

Berikutnya bahaya dari trombosit yang terlalu rendah yaitu dapat mengakibatkan pendarahan berat saat menstruasia ataupun saat Anda mengelurkan darah saat mengalami luka. Dengan demikian maka Anda harus lebih berhati-hati agar tidak luka saat trombosit sedang menurun karena bisa mengalami pembengkakan.

Dengan demikian maka sebaiknya Anda langsung mengobatinya ke dokter agar tidak menjadi infeksi yang bisa membahayakan kondisi kesehatan tubuh yang lainnya.

  1. Luka Sulit Mengering

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bahaya jika trombosit terlalu rendah maka akan lebih mudah mengalami pendarahan sehingga ketika Anda luka juga akan mengalami permasalahan luka sulit mengering sehingga bisa menambah jumlah sel darah putih yang berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: