Resiko Kematian Sindrom Guillain-Barré

Guillain-Barre Syndrome lebih dikenal sebagai sindrom ketimbang disebut sebagai penyakit. Karena penyebabnya belum diketahui secara pasti.

Gejala awal yang terjadi memang terlihat begitu sepele, seperti kaki kesemuatan dan mengalami kelemahan, terlihat seperti gangguan kesehatan biasa. Namun GBS ini sangat berbahaya bila sudah terkena pada seseorang dan tidak segera mendapatkan pengawasan dan perawatan yang ketat.

Sumber : huffingtonpost

Kelainan dimana sistem kekebalan tubuh menyerang lapisan sistem saraf ini mengakibatkan saraf tidak mampu menyalurkan sinyal dari saraf sensorik ke bagian otak secara baik. Dan begitu sebaliknya sinyal dari otak tidak tersampaikan secara penuh ke bagian saraf tertentu sehingga menimbulkan kelemahan atau rasa sakit.

Sindrom Guillain-Barré bisa menjadi gangguan yang menghancurkan karena pergerakan kerusakan terjadi secara tiba-tiba dan tak terduga.

Gejala-gejala abnormal yang dapat terus meningkat intensitasnya menyebabkan otot tertentu tidak dapat berfungsi sama sekali, dan bila parah, kelumpuhan totalpun tidak dapat dihindari.

Selain itu, pemulihan belum tentu cepat.Seperti disebutkan di atas, pasien biasanya mencapai titik kelemahan atau kelumpuhan terbesar beberapa hari atau minggu setelah gejala pertama terjadi.

Gejala kemudian menstabilkan pada tingkat ini, untuk jangka waktu beberapa hari, minggu, atau, terkadang, berbulan-bulan.

Periode pemulihan mungkin hanya beberapa minggu atau selama beberapa tahun. Sekitar 30 persen dari mereka yang memiliki Guillain-Barré masih memiliki kelemahan sementara setelah 3 tahun.Sekitar 3 persen mungkin mengalami kekambuhan kelemahan otot dan sensasi kesemutan bertahun-tahun setelah serangan awal.

Pasien sindrom Guillain-Barré tidak hanya menghadapi kesulitan fisik, tapi juga periode menyakitkan secara emosional. Seringkali sangat sulit bagi pasien untuk menyesuaikan diri dengan kelumpuhan dan ketergantungan mendadak pada orang lain untuk mendapatkan bantuan dalam aktivitas rutin sehari-hari Pasien terkadang membutuhkan konseling psikologis untuk membantu mereka beradaptasi.

Siapapun yang mengalami sindrom Guillain-Barre harus mendapat perawatan dan pengawasan yang ketat.  Karena kondisinya yang sangat cepat memburuk dan bisa berakibat fatal bila tidak segera mendapat penanganan.

Dalam kasus yang sangat parah Guillain-Barre dapat mengancam jiwa. Resiko kematian ini terjadi saat kelumpuhan yang parah telah mempengaruhi dafragma atau otot-otot dada. Sehingga pernafan menjadi begitu menyesakkan.

Pada kasus yanglebih serius Syndrome Guillain-Barre akan melumpuhkan organ-organ vital dalam tubuh manussia yang dapat mengakibatkan besarnya resiko kematian penderita Syndrome Guillain-Barre yang disertai komplikasi yang membahayakan.

Komplikasi organ vital yang dapat memicu resiko kematian penderita Syndrome Guillain-Barre diantaranya

  • Kegagalan bernafas akibat kelumpuhan otot-otot pernafan

Kegagalan bernafas atau biasa disebut gagal paru-paru merupakan keadaan dimana kadar ogsigen dalam darah menjadi rendah dan membahayakan.

Ini diakibatkan oleh keadaan otot yang mengendalikan pernafasan lemah. Kodisi ini adalah sangat membahayakan dan dapat mengancam jiwa pasien.

Kegagalan pernafasan merupakan darurat medis yang dapat mengakibatkan kematian. Maka perawatan dan pengawasan yang sangat ketat memang sangat diperlukan. Agar pasien dapat terkontrol kondisinya setiap saat.

  • Gangguan irama dan kegagalan fungsi jantung

Saat kondisi otot jantung sangat lemah mengakibatkan jantung tidak mampu memompa cukup darah ke seluruh tubuh.

Pada kondisi ini kemungkinan yang terjadi tidak dapat diprediksi. Karena penderita Guillain-Barre Syndrome sangat cepat sekali memburuk.

Penderita Guillain-Barre Syndrome yang dapat keluar dari kondisi diatas kemungkinan terburuknya adalah kelumpuhan permanen pada penderita. Seluruh sistem gerak dan syaraf pada penderita akan mengalami kelumpuhan total.

Dan bila pasien tidak mampu melewati kondisi tersebut hal terburuknya adalah kematian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: