Penjelasan, Gejala, Dan Obat Herpes

Herpes adalah, adanya virus yang dapat menyebabkan luka pada kulit, dan dapat menular. Penyakit ini akan menyebabkan kulit menjadi melepuh, dan terasa sakit pada otot-otot di sekitar area yang terkena herpes. Herpes ada 2 macam, yaitu, herpes zoster, dan herpes simpleks. Tetapi masing-masing berasal dari jenis virus yang berbeda. Gejala, cara pengobatan, dan obat herpes juga akan dibahas di sini.

Penyakit ini biasanya akan menyerang area di sekitar mulut, kulit, dan bahkan alat kelamin, karena salah satu penyebabnya ialah melalui hubungan seksual yang tidak sehat. Beberapa faktor seseorang bisa terjangkit herpes ialah, usia yang sudah di atas 50 tahun, dan memiliki riwayat penyakit yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh (HIV/AIDS, kanker).

Gejala Mulai Terjangkitnya Herpes

  1. Ruam pada kulit yang berwarna merah dan berkelompok
  2. Rasa sakit dan perih di sekitar kulit yang terkena virus
  3. Timbul lenting-lenting di kulit yang berisi cairan dan bisa pecah sewaktu-waktu
  4. Demam secara tiba-tiba
  5. Sakit kepala yang sering
  6. Mudah merasa lelah
  7. Mati rasa
  8. Kesemutan
  9. Kulit terasa nyeri ketika tersentuh
  10. Kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari

Cara Pengobatan Herpes

  1. Menggunakan kunyit

Selain sebagai bumbu pada masakan, tanaman kunyit ternyata juga bisa untuk meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Kunyit juga bisa digunakan untuk terapi penyembuhan pada penyakit herpes. Caranya adalah, kunyit diiris tipis, kemudian dijemur hingga kering, dan kunyit bisa dihidangkan sebagai minuman herbal.

  1. Menggunakan bawang putih

Kandungan antibiotik pada bawang putih, dipercaya mampu membunuh virus-virus pada penyakit herpes. Cara pengobatan herpes menggunakan bawang putih, dengan membalurkan bawang putih yang sudah dihaluskan ke bagian kulit yang terinfeksi, setelah itu didiamkan beberapa saat, hingga bawang putih kering di kulit dengan sendirinya.

  1. Menggunakan jinten hitam

Jinten juga dapat digunakan sebagai obat herpes, karena jinten mengandung antioksidan yang tingi. Caranya dengan mencampurkan satu sendok teh jinten, bisa juga dicampur dengan temu putih, sambiloto, ataupun brotowali ke dalam air panas/mendidih. Tunggu hingga air menyusut, kemudian minum secara teratur.

  1. Mengkonsumsi Prunella Vulgaris

Prunella vulgaris merupakan tanaman herbal, yang bersifat anti herpetic/anti peradangan. Khasiatnya adalah, dapat membersihkan racun di dalam tubuh, dan mengurangi rasa gatal-gatal pada kulit. Cara mengkonsumsinya, diseduh seperti menyeduh teh, tapi tanpa menggunakan gula. Prunella vulgaris, bisa anda beli di toko-toko herbal.

  1. Menggunakan Daun Gude

Cara mengkonsumsi daun gude, giling daun yang masih terlihat segar, sampai benar-benar halus, kemudian dioleskan pada lenting-lenting gelembung yang berair pada kulit/tubuh. Sebelum ramuan dioleskan, tutup luka terlebih dahulu dengan kain kasa. Kemudian baru daun gude dioleskan ke kulit/tubuh yang terinfeksi.

  1. Mengkonsumsi dan menggunakan daun dewa merah

Daun dewa merah banyak mengandung akrobiotik yang bisa menjadi obat bagi penderita herpes. Caranya, direbus terlebih dahulu, lalu dikonsumsi secara rutin. Bisa juga dengan dioleskan pada luka herpes. Caranya cuci daun dewa sampai bersih, lalu tumbuk daun dewa merah sampai benar-benar halus.

  1. Menggunakan daun teh hijau

Selain dipercaya untuk menurunkan berat badan, daun teh hijau ternyata juga bisa digunakan sebagai obat untuk penyakit herpes. Caranya dengan menuangkan air hangat bersama dengan daun teh hijau di dalam wadah, lalu celupkan kain ataupun handuk pada air tersebut. Kemudian kompres kulit yang terkena luka-luka/bekas herpes.

  1. Menggunakan daun mint

Karena mengeluarkan wangi yang enak, daun mint bisa untuk menghilangkan bau badan, bau muluat, dan bau ketiak. Daun mint bisa juga untuk menyembuhkan penyakit herpes. Caranya adalah, dengan menumbuk daun mint sampai halus, kemudian balurkan pada kulit/tubuh yang terkena herpes.

  1. Menggunakan daun waru landak

Daun waru landak adalah sejenis tanaman langka, yang digunakan sebagi obat alami untuk penyakit herpes. Cara penggunaannya, ditumbuk terlebih dahulu sampai halus, kemudian balurkan pada kulit yang terluka. Sebelum dibalurkan, kulit wajib dibalut dengan kain kassa terlebih dahulu. Kemudian baru daun waru landak bisa dibalurkan ke kulit yang terluka.

Selain menggunakan beberapa bahan-bahan alami seperti yang telah disebukan sebelumnya, ada juga obat herpes yang sudah terkenal khasiatnya. Ialah Tahitian Noni Juice, yang mengandung lisin, dan merupakan salah satu komponen dalam asam amino yang dapat membatu untuk memproduksi elaskin maupun kolagen di dalam tubuh.

Lisin dapat diperoleh dengan cara mengkonsumsi jenis makanan-makanan olahan seperti susu, bisa juga dari buah-buahan, termasuk buah mengkudu. Mengkudu akan mengikat vitamin-vitamin di dalam tubuh, juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak gampang dimasuki oleh virus. Bagi orang yang mengkonsumsi Tahitian Noni, kekebalan tubuhnya pasti akan terasa lebih optimal.

Sari buah mengkudu yang terdapat dalam Tahitian Noni, kaya akan kandungan antioksidan yang dapat mencegah masuknya virus serta bakteri pada penderita herpes. Selain itu Tahitian Noni juga mengandung polisakaria yang dapat meningkatkan sekresi, serta mengandung antioksidan terbaik yang dapat menghambat neurode generatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: