Gejala dan Obat Kanker Paru Paling Ampuh

Kanker paru-paru terjadi ketik sel-sel abnormal tumbuh pada paru-paru. Sel-sel tersebut tumbuh secara tidak terkendali dan menggerogoti paru-paru hingga paru-paru tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Kanker paru-paru rentang menyerang usia lanjut yakni usia 40 tahun ke atas. Namun tidak menutup kemungkinan usia muda juga berpotensi terserang apabila mereka merupakan perokok aktif.

Umumnya kanker paru-paru menyerang kaum lelaki dan merupakan jenis kanker nomor satu yang menyerang kaum lelaki dikarenakan yang mendominasi perokok aktif adalah lelaki. Namun tidak menutup kemungkinan wanita juga terserang kanker paru-paru, bahkan jenis kanker ini merupakan kanker nomor 4 terbanyak menyerang wanita dikarenakan wanita juga seringkali terpapar zat kimia.

obat-kanker-paru-paling-ampuh

doktersehat.com

Kanker paru-paru merupakan salah satu dari jajaran kanker berbahaya dan mematikan serta paling umum terjadi di masyarakat terutama pada masyarakat dengan kondisi lingkungan tertentu. Namun kanker paru-paru merupakan kanker yang paling mudah dicegah dikarenakan faktor-faktor kanker lebih banyak berasal dari faktor eksternal meski ada beberapa kasus yang berasal dari garis keturunan.

Penyebab utama kanker paruparu adalah merokok. Namun ada beberapa penyebab lain yang memicu tumbuhnya sel kanker pada paru-paru antara lain perokok pasif, yakni seseorang yang tidak merokok namun sering terpapar asap rokok, terpapar polusi udara yang berlebihan,  terpapar senyawa kimia berbahaya seperti asbes, batu bara, nikel, arsenik dan silika, serta paparan radiasi dan gas radioaktif.

Gelaja umum kanker paru-paru

Pada kanker tahap awal atau stadium awal, kanker paru-paru tidak menunjukkan gejala apapun. Gejala mulai terlihat apabila sel kanker sudah berkembang satu tahap. Gejala kanker paru-paru paling mudah diidentifikasi dari gejala kanker lainnya. Oleh karena itu, penderita kanker paru-paru lebih mudah ditangani karena dari keluhan penderita saja gejala kanker sudah dikenali.

  • Batuk berkelanjutan yang tidak biasa dan tidak kunjung sembuh
  • Batuk yang disertai dengan keluarnya bercak darah
  • Adanya bercak darah pada flagma atau lendir tenggorokan
  • Rasa letih dan lesu tanpa alasan
  • Sesak napas dan dada terasa nyeri yang tidak biasa
  • Pembengkakan pada area sekitar wajah dan leher
  • Nyeri pada tulang bahu atau tulang lengan
  • Sakit kepala
  • Berat badan menurun secara drastis dan berangsur-angsur
  • Kehilangan nafsu makan
  • Suara berubah menjadi serak
  • Perubahan bentuk ujung jari dimana ujung jari menjadi sedikit lebih cembung
  • Kesulitan ketika menelan sesuatu

Pengobatan dan penanganan kanker paru-paru

  1. Operasi

Operasi dilakukan dengan 2 metode yaitu Labektomi dan Pneumonekotomi. Metode operasi Labektomi yakni operasi yang dilakukan untuk mengangkat seluruh bagian lobus atau bagian yang terlihat jelas pada paru-paru terjangkit sel kanker. Kemudian metode Pneumonekotomi adalah metode operasi yang dilakukan dengan cara mengangkat satu sisi yang terserang kanker paru-paru secara keseluruhan.

  1. Radioterapi

Sama dengan pengobatan kanker pada umumnya, radioterapi atau pengobatan dengan menggunakan sinar radiasi untuk menghancurkan dan mencegah pertumbuhan sel kanker sehingga sel kanker tidak menyebar ke organ lainnya. Radioterapi dilakukan pra dan paska operasi pengangkatan paru-paru dilakukan. Efek samping radioterapi antara lain batuk berdarah, sakit dada, sulit menelan, dan kulit iritasi.

  1. Kemoterapi

Kemoterapi juga merupakan pengobatan umum yang dilakukan pada pasien penderita kanker termasuk penderita kanker paru-paru. Kemoterapi pengobatan yang menggunakan obat-obatan kimia baik berupa tablet, maupun cairan yang dimasukkan ke tubuh menggunakan suntikan atau infus. Kemoterapi berguna untuk membunuh dan mencegah persebaran sel kanker serta memperlambat pertumbuhan sel kanker.

  1. Terapi fotodinamik

Terapi jenis ini biasanya dilakukan pada pasien stadium awal. Terapi ini dilakukan dengan cara memasukkan tabung atau selang berbentuk pipih ke dalam paru-paru khususnya pada area tumbuhnya sel kanker. Kemudian laser akan  disalurkan melalui selang tersebut hingga sampai pada paru-paru. Laser tersebut berguna untuk menghancurkan sel-sel kanker hingga mencegah persebaran sel kanker.

  1. Obat herbal alami

Terapi obat herbal yakni dengan cara mengkonsumsi obat-obatan herbal alami untuk membatu proses penyembuhan pasien. Salah satu tumbuhan herbal yang diyakini masyarakat dan sudah terbukti secara klinis mampu mencegah dan menyembuhkan kanker yakni Tahitian noni atau mengkudu Tahiti. Ekstrak buah mengkudu tersebut ampuh dalam mengatasi berbagai penyakit termasuk kanker paru-paru.

tahitian-noni-obat-kanker-paru-dan-bronkitis-kronis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: