Gejala dan Obat Kanker Hati Paling Ampuh

Kanker hati merupakan sel kanker yang menyerang dan tumbuh pada organ hati atau liver manusia. Kanker hati di klasifikasikan menjadi dua berdasarkan lokasi penyebaran dan pertumbuhan sel kanker yaitu kanker hati primer dan sekunder kanker hati primer ialah kanker hati yang berakar dari organ hati sendiri sedangkan kanker hati sekunder ialah kanker yang berawal dari sel kanker bagian tubuh lain.

Kanker primer berpotensi lebih berbahaya dan lebih fatal merusak sistem hati bahkan memicu kematian dikarenakan hepatocellular carcinoma yang merupakan jenis kanker hati yang paling umum berkembang dari sel hati utama dan menyebabkan sekitar 75% kanker hati primer. Kanker hati primer merupakan komplikasi dari penyakit hati lainnya seperti hepatitis, sirosis, peradangan organ hati, dan sebagainya.

Obat kanker-hati
eyecareasli.com

Penyebab utama kanker hati sampai saat ini memang masih belum dikatahui secara pasti. Namun, diperkirakan kanker hati merupakan komplikasi dari kerusakan sel-sel hati seperti tumbuhnya jaringan  parut pada organ hati yang kemudian berkembang menjadi kanker hati dan munculnya berbagai penyakit hati lainnya.  Ada juga yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi alkohol.

Kanker hati menjadi salah satu kanker yang paling ganas, sulit disembuhkan, mematikan di dunia berada pada urutan nomor dua di bawah  kanker darah atau leukemia. Di Indonesia, penyebab paling umum kematian disebabkan oleh kanker hati di bawah kanker paru-paru. Negara berkembang memang mendominasi kematian akibat kanker hati karena banyaknya kasus hepatitis B dan C di negara tersebut.

Gejala umum kanker hati

Kanker hati tidak menunjukkan gejala secara signifikan bahkan gejala sangat jarang terjadi pada kanker stadium awal. Ada beberapa gejala awal yang mudah diidentifikasi apabila seseorang mengidap kanker hati baik kanker hati stadium awal maupun stadium akhir. Gejala tersebut memang sering kali muncul dan dianggap tidak berbahaya karena kekurangpahaman masyarakat.

  • Badan terasa cepat lelah atau letih
  • Penurunan berat badan secara drastis tanpa sebab
  • Kehilangan nafsu makan
  • Mual yang disertai muntah yang tidak normal
  • Keluarnya cairan hati melalui muntahan
  • Munculnya penyakit kuning dimana kulit serta bagian putih pada mata berubah menjadi kekuningan. Hal tersebut diakibatkan oleh meningkatnya bilirubin (zat yang memberikan warna pada feses) yang dihasilkan oleh hati.
  • Nyeri yang tidak biasa pada daerah perut terutama daerah perut bagian hati
  • Gatal yang tidak biasa pada kulit

Cara penyembuhan kanker hati

Penangan kanker hati memang terbilang cukup rumit apalagi bila level kanker sudah mencapai stadium akhir karena kemungkinan besar pasien tidak bisa disembuhkan. Tetapi, bila seorang penderita kanker telah di diagnosis sejak dini atau pada stadium awal, maka kondisi tersebut sangat memungkinkan untuk dilakukan pengobatan dan menghancurkan sel kanker yang akan memulihkan pasien secara total.

  1. Ablasi frekuensi radio

Penyembuhan ini merupakan penyembuhan yang menggunakan alat bantu berupa sebuah perangkat listrik. Perangkat listrik tersebut merupakan perangkat khusus yang digunakan untuk menghancurkan sel-sel kanker pemicu kanker hati yang berada pada organ hati pasien. Terapi frekuensi radio kanker membutuhkan biaya yang cukup besar dan hanya tersedia di beberapa rumah sakit besar saja.

  1. Operasi reseksi

Operasi reseksi merupakan operasi untuk mengangkat bagian tertentu dari organ hati yang terjangkit atau terinfeksi sel kanker. Operasi reseksi memang merupakan pengobatan yang paling sering dan paling umum dilakukan oleh pasien. Namun pengobatan seperti ini memiliki risiko komplikasi pada organ hati bahkan menyebabkan efek samping jangka panjang pada penderita.

  1. Transplantasi hati

Transplantasi memang menjadi pilihan alternatif yang baik bagi penderita kanker hati. Transplantasi hati yaitu proses mengganti hati yang sudah terjangkit oleh sel kanker dengan organ hati yang masih sehat dari pendonor. Namun kendala dari proses ini adalah sulitnya menemukan pendonor hati dan biaya yang cukup besar karena biasanya organ hati tersebut di perjual-belikan.

  1. Obat herbal

Mengkonsumsi obat herbal untuk mengobati kanker hati secara perlahan sangat dianjurkan karena obat herbal tidak memiliki efek samping yang berbahaya bagi organ lainnya. Salah satu obat herbal yang direkomendasikan bagi penderita kanker hati yaitu Tahitian noni. Tahitian noni merupakan obat herbal berupa sari mengkudu Tahitian yang dipercaya mampu mengatasi berbagai gangguan kesehatan termasuk kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: