Gejala dan Obat Kanker Darah (Leukimia) Paling Ampuh

Kanker darah atau leukemia merupakan kanker yang bersarang pada jaringan pembentuk darah atau sel darah putih dan tulang sumsum pada manusia. Sel darah putih memiliki peran penting untuk melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit serta menjaga sistem kekebalan tubuh. sel darah putih di produksi oleh sumsum tulang belakang. Itulah mengapa kanker darah erat kaitannya dengan sumsum tulang belakang.

Kanker darah menghambat kemampuan tubuh dalam melawan infeksi, sel-sel tumor atau sel-sel kanker sehingga para penderita kanker darah rentan terkena infeksi.  Sel darah putih atau dalam bahasa medis disebut leukosit apabila terserang sel kanker, maka leukosit tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu banyak penderita leukemia yang memiliki komplikasi dengan kanker lainnya.

obat kanker-darah leukimia
Sumber : JatengTribunnews

Kanker darah ditandai dengan menurunnya kemampuan sumsum tulang belakang dalam memproduksi sel darah putih secara normal, sel darah putihtidak dapat berfungsi dengan baik, dan diproduksi secara berlebihan sehingga akan menyebabkan penumpukan leukosit pada sumsum tulang. Penumpukan tersebut menyebabkan berkurang dan terhambatnya sel darah yang sehat.

Penyebab utama kanker darah sampai saatini belum diketahui secara pasti. Namun dugaan sementara para medis menyimpulkan bahwa adanya mutasi DNA dalam sel darah putih menjadi penyebab utama berubahnya reaksi semua sel darah termasuk perubahan produksi sel darah putih oleh sumsum tulang belakang. selain itu ada faktor eksternal dan internal yang memicu serangan kanker darah.

Faktor internal meliputi faktor genetika berupa down syndrom berisiko menderita leukemia akut atau faktor keturunan dimana seseorang yang berpotensi terserang kanker diturunkan oleh keluarga yang memiliki riwayat penyakit kanker darah. Sedangkan dari faktor eksternal meliputi pernah menjalani kemoterapi sebelumnya, pernah terpapar radiasi atau zat kimia tingkat tinggi serta terpapar asap rokok.

Gejala kanker darah dan metode penyembuhan

Kanker darah ditandai dengan beberapa indikasi baik dari dalam maupun dari luar tubuh yang mudah diidentifikasi berupa warna kulit yang pucat akibat kekurangan sel darah merah atau anemia, pembengkakan pada limfonodi, pembengkakan pada hati dan limpa. Namun indikasi tersebut biasanya berbeda pada setiap pasien, tergantung pada jenis kanker darah yang di derita pasien.

  • Rasa lemas, letih dan mudah lelah yang terus menerus.
  • Demam berupa menggigil dan sakit kepala yang tidak biasa dan dalam jangka waktu yang cukup lama.
  • Muntah-muntah
  • Keluarnya keringat dengan jumlah yang berlebihan terutama pada malam hari
  • Nyeri yang tidak normal pada tulang dan persendian
  • Menurunnya berat badan secara drastis
  • Sering terjadi infeksi yang cukup parah pada organ tubuh
  • Mudah mengalami pendarahan misalnya memar atau mimisan
  • Munculnya bintik-bintik merah pada kulit dan disertai dengan berubahnya warna kulit menjadi pucat

Kanker darah merupakan salah satu dari penyakit kanker yang paling berbahaya di dunia dan merupakan pembunuh tertinggi yang disebabkan oleh kanker. Penanganan kanker darah membutuhkan waktu yang lama dan dengan pengobatan rutin. Kanker darah pada stadium awal memiliki kemungkinan sembuh yang cukup tinggi, sehingga memungkinkan para pasien sembuh total bila dilakukan penanganan optimal

  1. Kemoterapi

Kemoterapi merupakan terapi yang paling umum dilakukan pada pasien kanker darah. Pengobatan kemoterapi yaitu dengan memanfaatkan bahan kimia untuk membunuh sel  kanker. Meski pengobatan ini dirasa cukup ampuh mengobati pasien kanker darah stadium awal, namun ada beberapa efek samping yang diakibatkan seperti rambut rontok, rasa nyeri, mual, kehilangan nafsu makan, cemas, dan lainnya.

  1. Radioterapi dan stem cell

Radioterapi merupakan pengobatan yang menggunakan sinar X untuk menghambat dan menghancurkan pertumbuhan sel kanker yang cepat membelah diri. Sedangkan stem cell atau transplantasi sel induk yaitu dengan cara mengganti sumsum tulang belakang yang rusak dengan sumsum yang sehat. Sel induk yang digunakan bisa dari tubuh pasien sendiri atau dari pendonor.

  1. Pengobatan herbal

Banyak tumbuhan alami yang dapat menghancurkan sel kanker pada darah yang dapat diolah menjadi obat herbal. Salah satu obat herbal kanker darah yang terpercaya mampu melawan sel kanker yaitu ekstrak Tahitian Noni. Mengkonsumsi Tahitian noni atau dengan nama latin Morinda citrifolia atau lebih dikenal dengan mengkudu Tahitian mampu mengatasi segala macam penyakit termasuk kanker.

tahitian-noni-obat-kanker-darah, obat kanker darah paling ampuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: