Gejala dan Obat Eksim Kering dan Basah Paling Ampuh

Eksim adalah penyakit yang menyerang kulit, penyakit tersebut membuat kulit menjadi gatal, merah, terasa kering, tidak nyaman, kasar hingga pecah-pecah. Orang Indonesia sendiri akrab dengan istilah eksim kering dan eksim basah. Sebenarnya apa bedanya basah dan kering tersebut.

Perbedaan Eksim Kering dan Basah

Sebenarnya di dalam dunia medis tidak ada yang namaya eksim kering dan basah. Eksim itu hanya satu, mungkin bentukan lukanya yang membuat orang membuat penamaan tersendiri terhadap eksim tersebut. Luka yang diakibatkan oleh eksim memang bisa kering sekali atau malah basah dan terlihat melepuhkan kulit.

Kulit yang gatal dan kering biasanya hanya muncul di satu bagian kulit saja, misalnya pada wajah, tekukan lutut, kaki, leher atau tangan. Eksim tidak akan menutupi seluruh tubuh, biasanya bentuk lukanya tidak terlalu besar, namun sensasi rasa yang ditimbulkan sangat tidak nyaman. Orang akan mengira pada awalnya bahwa dirinya menderita penyakit gatal biasa.

Inilah-Beberapa-Obat-Untuk-Penyakit-Eksim-Kering-dermatitis
ahlinyagatal.com

Eksim biasanya menyerang anak-anak dan remaja, namun tidak menutup kemungkinan bahwa orang tua juga dapat terkena penyakit ini. Eksim sendiri lebih sering menyerang orang dengan latar belakang keluarga yang juga pernah menderita penyakit kulit serupa. Dengan kata lain eksim ini adalah penyakit turunan pada sebagian orang. Lipatan kulit adalah tempat yang paling rentan dijangkiti eksim.

Penyakit eksim ini adalah penyakit yang menular, orang lain harus menjaga jarak dari penderita eksim sampai eksimnya sembuh. Cairan yang ada di dalam penyakit eksim tersebut apabila terkena oleh orang lain akan menimbulkan penyakit yang serupa. Cairan tersebut sebaiknya dijaga agar tidak pecah dan meluber kemana-mana.

Kulit yang terasa kering dan gatal adalah awal mula kemunculan penyakit eksim. Selanjutnya kulit akan memerah dan mengalami iritasi sebab penderita akan menggaruk kulit yang gatal tersebut. Akibat digaruk terlalu sering, maka area kulit tersebut akan menebal dan akhirnya timbul cairan di dalamnya. Area tersebut juga dapat mengalami yang namanya infeksi.

Gejala kulit yang gatal, kering dan panas tersebut akan hilang timbul. Selama proses tersebut kulit akan menjadi tebal dan menjadi kasar. Pada saat itulah terjadi kerusakan kulit yang harus segera di atasi. Meskipun penyakit eksim bisa sembuh dengan sendirinya, namun penanganan yang tepat perlu adanya agar kulit tidak rusak terlalu parah.

Tingkat keparahan dari penyakit eksim ini juga berbeda-beda. Dalam kasus yang ringan, eksim hanya akan menjangkiti satu bagian kulit saja. Namun pada kasus yang lebih berat, eksim dapat menyebabkan adanya ruam merah di seluruh tubuh. Rasa gatal yang dialami pun akan terjadi secara terus menerus.

Penyebab Penyakit Eksim

Hingga kini penyebab eksim belum diketahui secara pasti, namun beberapa hal berikut ini adalah hal yang dipercaya menjadi penyebab munculnya eksim:

  1. Menggaruk kulit sehingga kulit mengalami iritasi
  2. Kulit yang dalam kondisi kering
  3. Cuaca panas dan perubaha tingkat kelembapan
  4. Keringat tubuh
  5. Cairan deterjen dan sebagainya yang terkena kulit dan tidak segera dibersihkan
  6. Alergi makanan seperti susu, kedelai, kacang, telur dan ikan.
  7. Debu dan serbuk sari
  8. Polusi udara dan asap rokok
  9. Pakaian yang berbahan tidak cocok dengan kulit

Pengobatan Terhadap Eksim

Eksim pada dasarnya tanpa diobati pun akan sembuh dengan sendirinya. Namun sensasi rasa yang ditimbulkan akan sangat tidak nyaman. Hampir semua penderita eksim akan mengalami gejala yang kumat-kumatan tanpa alasan yang jelas. Penderita disarankan untuk tidak menggaruk bagian yang gatal tersebut. Usap saja bagian yang gatal dan jangan menggunakan kuku, hal itu akan membuat kulit menjadi rusak dan eksim makin parah.

Selain daripada itu obat tahitian noni sangat ampuh untuk mengobati eksim. Obat Eksim tersebut adalah obat yang berasal dari ekstrak mengkudu dan berbagai macam bahan herbal lainnya. Cara penggunaannya cukup mudah yakni hanya dengan mengoleskannya saja pada bagian yang terjangkit eksim. Secara pasti rasa gatal akan berkurang, area yang melepuh akan kering dan mengelupas hingga akhirnya eksim menjadi hilang, kulit pun menjadi sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: